Definisi Selingkuh Menurut Hukum

4009 views

Prselingkuhan didalam rumah tanga termasuk dalam kejahatan terhadap kesusilaan yang terdapat dalam Pasal 284 ayat (1) sampai dengan ayat (5). dan juga termasuk perbuatan zina yang di atur dalam kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) diatur dalam Bab XIV,

Selingkuh adalah perbuatan terlarang bagi suami-istri yang tekah menikah dengan perempuan lain atau dengan laki-laki lain.

Sedangkan Menurut kamus besar bahasa indonesia adalah:

  1. Menyembunyikan sesuatu demi kepentingannya sendiri, tidak jujur, curang dan tidak bertersi terang
  2. Korup, atau menggelapkan uang
  3. Menyeleweng

Dalam KUHP, Perselingkuhan atau yang disebut dengan perzinahan adalah bagi seseorang yang telah menikah, dua-duanya atu salah satunya melakukan perselingkuhan maka akan dianggap sebagai tindak pidana karena telah menodai kesuciaan pernikahannya.

Mengenai sansi bagi pasangan yang sudah menikah selingkuh maka akan diancam pidama penjara paling lama sembilan bulan yang merujuk pada Pasal 284 ayat (1) angka 1 huruf a KUHP. Hal ini juga berlaku bagi yang berselingkuh dengan istri/ suami.

Cara menyelesaikan dengan jalur hukum adalah melapor ke kepolisian atas tindakan perzinahan dan perselingkuhan yang harus diadukan.

Loading...

Karena tidak akan ada tuntutan bagi pasangan yang selingkuh jika tidak ada pengaduan dari pohak yang diselingkuhi. [gresnews.com]

Tags: #Definisi Selingkuh #Selingkuh