Dipuji Sejatinya Adalah Marabahaya. Inilah Doa Ketika Mendapat Pujian Manusia

341 views

Ada dua sifat yang pasti dimiliki manusia. Pertama sifat buruk dan kekdua adalah sifat baik.

Ketika mmanusia melakukan kebaikan ia cenderung mendapat pujian dari sesamanya. Namun perlu di ketahui bahwa pujian ini, ternyata ada bahaya yang mengintainya.

Seseorang yang selalu dipuji-dipuji bisa membawanya lupa diri dan takjub pada diri sendiri.

Yang perlu di lakukan ketika kita mendapat pujian, adalah hendaknya kita langsung berdoa.

Berdoa dengan doa yang Seperti dilakukan Abu Bakr Ash Shidiq tatkala beliau dipuji oleh orang lain. Adapaun doa yang selalu dipanjatkan Abu Bakr radhiyallahu ‘anhu, yakni :

Loading...

اللَّهُمَّ أَنْتَ أَعْلَمُ مِنِّى بِنَفْسِى وَأَنَا أَعْلَمُ بِنَفْسِى مِنْهُمْ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى خَيْرًا مِمَّا يَظُنُّوْنَ وَاغْفِرْ لِى مَا لاَ يَعْلَمُوْنَ وَلاَ تُؤَاخِذْنِى بِمَا يَقُوْلُوْنَ

Allahumma anta a’lamu minni bi nafsiy, wa anaa a’lamu bi nafsii minhum. Allahummaj ‘alniy khoirom mimmaa yazhunnuun, wagh-firliy maa laa ya’lamuun, wa laa tu-akhidzniy bimaa yaquuluun.

[Ya Allah, Engkau lebih mengetahui keadaan diriku daripada diriku sendiri dan aku lebih mengetahui keadaan diriku daripada mereka yang memujiku.

Ya Allah, jadikanlah diriku lebih baik dari yang mereka sangkakan, ampunilah aku terhadap apa yang mereka tidak ketahui dariku,

dan janganlah menyiksaku dengan perkataan mereka] ( Diriwayatkan oleh Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman)

Intinya adalah jika kita melakukan suatu amalan soleh hendaklah dan lakukanlah dengan niat ikhlas tanpa ingin mendapatkan pujian makhluk. Dan Cukuplah Allah Ta’ala yang memuji amalan kebajikan kita.

Carilah ridho Allah agar ibadah kita tak sia-sia. Niat dengan hati yang sangat tulus bukan ingin mendapat komentar dan pujian dari manusia.

loading...
loading...

Tags: #Dipuji Orang #Orang Riya #Pujian Manusia