Disinilah Tempat Manusia yang Dosa dan Pahalanya Sama

Ada tempat antara surga dan neraka yang dinamai Al-A’raf.

Al-A’raf merupakan sebuah  batas atau dinding tinggi yang berada di atas Al-A’raf (ahli Al-A’raf) dengan mudah bisa melihat ahli surga dan ahli neraka.

وَبَيْنَهُمَا حِجَابٌ ۚ وَعَلَى الْأَعْرَافِ رِجَالٌ يَعْرِفُونَ كُلًّا بِسِيمَاهُمْ ۚ وَنَادَوْا أَصْحَابَ الْجَنَّةِ أَنْ سَلَامٌ عَلَيْكُمْ ۚ لَمْ يَدْخُلُوهَا وَهُمْ يَطْمَعُونَ

Dan di antara keduanya (penghuni surga dan neraka) ada tabir dan di atas A‘raf (tempat yang tertinggi) ada orang-orang yang saling mengenal, masing-masing dengan tanda-tandanya.

Mereka menyeru penghuni surga, “Salamun ‘alaikum” (salam sejahtera bagimu). Mereka belum dapat masuk, tetapi mereka ingin segera (masuk).” (QS Al-A’raf: 46).

Orang yang seperti itu, orang-orang yang amal baik dan buruknya sama.

Loading...

Dijelaskan bahwa orang-orang itu adalah orang yang berjihad di jalan Allah SWT tanpa izin keluarganya.

Dan mereka terbunuh, hal itu yang menjadi terbebas dari neraka. Dan maksiat mereka kepada keluarga mereka jadi sebab mereka tidak masuk surga.

Selain itu juga mereka adalah kaum yang ridha kepada salah satu orang tuanya dan bukan yang lainnya.

Maka mereka berdiri di atas ‘Araf sampai Allah menentukan di antara mereka, kemudian mereka masuk ke surga.

Mereka adalah ahlul fatrah, orang-orang masa lalu dan anak-anak dari orang musyrik.

Dikatakan mereka (ahli ‘araf) adalah suka berbuat kebaikan kepada orang mukmin. Mereka juga dikatakan dari kalangan malaikat, dan bukan dari manusia.

Menurut beberapa sahabat, orang-orang yang menghuni A’raf adalah makna yang pertama yakni orang-orang yang kebaikan dan keburukannya sama.

Hudzaifah dan Ibnu Abbas berkata, “Ahli A’raf itu kaum yang dihapus dosanya dari mereka menjadi ke surga, dan perbuatan baik mereka melebihi mereka untuk berada di neraka.

Mereka akan berada di antara dinding surga dam neraka. Maka menjadi rahmat bagi mereka di dalamnya karena memandang surga dan penduduknya,

dan ditampakkan azab karena melihat siksaan neraka dan orang-orang di dalamnya.

Setiap kali mereka melihat penduduk surga, mereka berkata “Salamun Alaikum” atau kedamaian bersama kalian.

Dan ketika mereka melihat ke ahli neraka mereka berdoa kepada Allah agar tidak ditempatkan bersama ahli neraka. Dan mereka akan menjadi ahli surga yang terakhir masuk.”

loading...
loading...

Tags: #Berubuat Kebaikan #Hukum Allah #Perbuatan Dosa