Doa Ali bin Abi Thalib yang Diajarkan Pada Sayyidina Hasan Agar Dilindungi Allah SAW

1018 views

Sayyidina Hasan dan Husen adalah cucu baginda Nabi SAW, Dua cucu yang sangat beliau Cintai. Mereka putra Sayidina Ali bersama Sayidah Fathimah, putri Rasulullah. Banyak riwayat yang disebutkan bahwa Rasulullah sangat mencintai kedua putra Sayidina Ali tersebut.

Dalam hadis riwayat Imam Bukhari, bahwa Abdullah bin Umar berkata;

أَهْلُ العِرَاقِ يَسْأَلُونَ عَنِ الذُّبَابِ ، وَقَدْ قَتَلُوا ابْنَ ابْنَةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، وَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : هُمَا رَيْحَانَتَايَ مِنَ الدُّنْيَا

Penduduk Iraq menanyakan tentang hukum membunuh lalat, padahal mereka telah membunuh anak dari putri Rasulullah Saw. Nabi Saw pernah bersabda; Keduanya (Hasan dan Husain) merupakan dua tangkai bungaku di dunia.

Bukan hanya di sayang oleh Nabi, Hasan Husen juga putra tersayang Sayidina Ali. oleh karena itu, Sayidina Ali mengajarkan sendiri doa-doa untuk putra kesayangannya itu.

Inilah doa yang diajarkan Sayidina Ali kepada Sayidina Hasan yang disebutkan dalam kitab Biharul Anwar:

اَللَّهُمَّ اِنّي اَحْمَدُكَ عَلى كُلِّ نِعْمَةٍ، وَ اَشْكُرُكَ عَلى كُلِّ حَسَنَةٍ، وَ اَسْتَغْفِرُكَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ، وَ اَسْأَلُكَ مِنْ كُلِّ خَيْرٍ، وَ اَسْتَعيذُ بِكِ مِنْ كُلِّ بَلاءٍ، وَ لا حَوْلَ وَ لا قُوَّةَ اِلاَّ باللَّهِ الْعَلِيِّ الْعَظيمِ

Ya Allah, sesungguhnya aku memuji kepada-Mu atas segala nikmat, aku bersyukur kepada-Mu atas semua kebaikan, aku memohon ampun kepada-Mu dari semua dosa, aku memohon kepada-Mu dari semua kebaikan, aku memohon perlindungan kepada-Mu dari semua balak, dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Luhur dan Maha Agung.

Loading...

Kita sebagai umat dari kakek Sayyidina Hasan patutlah kiranya juga mengamalkan doa yang telah diajarkan oleh Sayyidina Ali kepada Sayidina Hasan.Semoga termasuk umat yang berbakti.

loading...
loading...

Tags: #Doa Sayyidina Ali #Doa Sayyidina Hasan #Lindungan Allah