Doa Awal Tahun Dalam Membuka Lembaran Baru yang Suci

241 views

Awal Muharram adalah awal bahagia bagi umat islam. Banyak yang mengawali 1 muharram ini dengan sedekah dan bahkan dengan berdoa khusus.

Pada awal tahun, umat Islam rutin melaksanakan ibadah dengan berdoa pada Allah. Doa untuk membuka lembaran baru yang lebih indah.

Ini doa wirid awal tahun yang tertuang dalam Maslakul Akhyar karya Mufti Jakarta abad 19-20, Habib Utsman bin Yahya.

Ini lafaz doa tersebut:

 

Loading...

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

“Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Dan atas karunia-Mu yang besar dan mulia kemurahan-Mu, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba.

Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun meminta tolong-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat.

Kepada-Mu, aku meminta aktivitas keseharian yang mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

Doa ini dibaca 3 kali pada hari terakhir bulan Zulhijah atau pada malam 1 Muharram. Waktunya adalah pada waktu Maghrib, karena dalam Islam, Maghrib adalah penanda pergantian hari.

Tags: #bulan islam #bulan silam #Doa awal Tahun #Doa bulan hijriyah