Doa Bangun Tidur Sesuai Sunnah

511 views

Ketika kita bangun tidur maka kita harus bersyukur karena Allah SWT masih memberi kesempatan untuk kita hidup setelah kita tidur yang sama halnya dengan matai sementara.

Sehingga kita harus mensyukuri itu dan didalam Agama Islam kita memang dianjurkan untuk berdoa ketika bangun tidur.

Rasulullah SAW pun memberi penjelasan bagaimana doa bangun tidur sesuai dengan sunnah. Lalu bagaimana doa bangun tidur sesuai sesuai dengan sunnah Nabi?

Dalam Agama Islam, sebagai umat muslim kita dianjurkan untuk berdoa ketika bangun tidur sesuai sunnah Nabi.

Dengan berdoa kita sudah mengawali pagi dengan mengingat Allah dan berzikir kepada Allah SWT dan mengikuti perintah Nabi Muhammad SAW. Berikut doanya:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

Latin:

Loading...

Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur

Artinya:
“Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan hanya kepada-Nya kami akan dibangkitkan (tempat kembali)” (HR. Bukhari no. 6325)

Menurut Imam Nawawi, yang dimaksud dari kalimat ‘kami dimatikan’ adalah tidur. Sementara kalimat ‘kami dibangkitkan’ artinya adalah dihidupkan lagi nanti di hari kiamat.

***

Sunnah Setelah Bangun Tidur
Membaca doa sebelum tidur adalah amalan yang sangat dianjurkan oeng Rasulullah SAW sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT.

Mulailah pagi kita dengan mengingat Allah SWT, sangat indah jika pagi kita digunakan dengan mengingat Allah SWT. Bukan malah memegang smartphone dan lain-lain.

Kita harus membiasakan diri untuk selalu mengingat Allah SWT ketika kita bangun tidur dengan cara membaca doa.

Maka tujuan pagi kita sudah berorientasi akhirat, bukan dunia semata. Karena barang siapa yang hidupnya diorientasikan karena akhirat maka hidupnya akan Allah cukupkan.

Sebaliknya, jika hidupnya diorentasikan kepada dunia maka hidupnya akan cerai berai. Seperti hadits berikut ini:

Barangsiapa yang (menjadikan) dunia tujuan utamanya maka Allah akan mencerai-beraikan urusannya dan menjadikan kemiskinan/tidak pernah merasa cukup (selalu ada) di hadapannya, padahal dia tidak akan mendapatkan (harta benda) duniawi melebihi dari apa yang Allah tetapkan baginya. Dan barangsiapa yang (menjadikan) akhirat niat (tujuan utama)nya maka Allah akan menghimpunkan urusannya, menjadikan kekayaan/selalu merasa cukup (ada) dalam hatinya, dan (harta benda) duniawi datang kepadanya dalam keadaan rendah (tidak bernilai di hadapannya)”. ( HR Ibnu Majah (no. 4105), Ahmad (5/183), ad-Daarimi (no. 229) )

Hadits diatas juga diperkuat dengan ayat al-Qur’an berikut ini:

وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ

“Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan” (Ali ‘Imrân/3:185). [isyaratislam.blogspot.com]

Tags: #Bangun Tidur #Doa Bangun Tidur