Doa dan Amalan Mencari Barang Hilang Karena Dicuri, Lupa, dan Disembunyikan Makhluk Halus

Jika kehilangan suatu barang, seseorang akan berusaha untuk bisa menemukan kembali barangnya yang telah hilang tersebut.

Tidak sedikit pula diantaranya yang pergi ke tempat-tempat paranormal untuk bisa mendapatkan kembali barangnya tersebut. Padahal hal yang demikian sangat dilarang oleh Allah SWT.

Hilangnya barang berharga yang kita miliki bisa jadi karena lupa meletakkanya, bisa jadi karena jatuh, dicuri bahkan bisa jadi disembunyikan mahluk gaib.

Kita sendiri tidak tahu hingga barang yang hilang itu ditemukan apakah dicuri atau disembunyikan oleh mahluk ghaib. Berikut ini 5 amalan doa mencari barang yang hilang:

1. Sholat Hajat 2 Rakaat dan Berdoa
Abi Syaibah di dalam Mushannif nya dan Ath-Thabrani dari hadits Ibnu Umar meriwayatkan, bahwa siapa yang kehilangan sesuatu maka hendaknya berwuhdu, melaksanakan sholat sebanyak dua rakaat dan ketika tasyahhud lalu mengucapkan:

بِسمِ اللهِ يَا هَادِي الضَّلاَل وَرَادَّ الضَّالَّةِ اردُد عَلَيَّ ضَالَتِي بِعِزَّتِكَ وَسُلطَانِكَ فَإِنَّهَا مِن عَطَائِكَ وَفَضلِكَ

Bismillah Yaa Hadii adh Dhalal wa Roodda adh Dhaalah Urdud ‘alayya Dhalatiy bi ‘Izzatika wa Sulthanika Fa Innaha min Athaaika wa Fadhlika

Artinya:
“Dengan nama Allah, Wahai Yang Menunjuki yang tersesat dan Yang Mengembalikan yang hilang (maka) kembalikanlah kepadaku (sesuatu) yang hilang (dari) ku dengan keagungan-Mu dan kekuasaan-Mu. Sesungguhnya ia (sesuatu) itu adalah pemberian-Mu dan karunia-Mu.”
(HR. Abi Syaibah)

Loading...

2. Membaca Surah al-An’am
Salah satu amalan yang bisa kita amalkan untuk mencari barang yang sudah hilang karena telah dicuri, lupa atau bahkan ketika disembunyikan oleh mahluk gaib yaitu membaca surah al-An’am ayat 103.

Karena ayat ini disebut dengan ayat ajaib karena sangat manjur serta telah terbukti banyak orang yang telah mengamalkannya.

Bacalah secara berulangkali ketika proses percerian sehingga akan terasa seperti ada petunjuk kemana harus mencarinya.

لَّا تُدْرِكُهُ الْأَبْصَارُ وَهُوَ يُدْرِكُ الْأَبْصَارَ ۖ وَهُوَ اللَّطِيفُ الْخَبِيرُ

“Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, sedang Dia dapat melihat segala penglihatan itu, dan Dialah Yang Mahahalus, Mahateliti.” (QS. al-An’am)

3. Membaca Doa Nabi Yunus dan Shalawat
Ketika kehilangan barang maka hendaknya:

  • Mengambil wudhu’
  • Dirikan shalat hajat sebanyak dua rakaat
  • Baca al-Fatihah sebanyak 21x
  • Membaca, ‘laa illaha illa anta subhanaka inni kuntuk munadzoliminn sebanyak 100x.
  • Lalu berdirilah dan baca sholawat Nabi sebanyak 4x yang ditiupkan ke arah barat sebanyak 4 kali dan baca 4 kali lagi ditiupkan ke penjuru arah mata angin.

4. Amalan Doa Asmaul Husna
Amalan yang ke empat  yang bisa kita amalkan adalah membaca surah Al-Khaaliq yang memiliki arti Yang Maha Pencipta Segalanya. Dzikir ini dibaca sebanyak 500 kali.

Akan tetapi lebih baik dibaca ketika malam hari lebih tepatnya pada tengah malam untuk melaksanakan shalat hajat 2 rakaat. Setelah selesai shalat maka berdoalah supaya barang yang sudah hilang bisa ditemukan kembali.

5. Sholat Tahajud
Amalan terakhir yang bisa kita amalkan untuk menemukan barang yang sudah hilang adalah dengan melakukan shalat tahajjud sebagai berikut. Kita dianjurkan untuk melaksanakan:

  • Shalat Tahjjud 4 rakaat yang ditambah dengan shalat witir satu rakaat.
  • Membaca surat al-Waqi’ah dan al-Mulk
  • Yasin
  • Ayat Kursi Sebanyak 3 kali
  • Surah Al-Fatihah, An-naa, Al-Falaq dan Al-Ikhlas masing-masing 7 kali
  • Membaca Kalimat tauhid atau syhadat sebanyak 17 kali dan shalawat nabi sebanyak 8 kali.

Kemudian bacalah doa berikut ini.

Allahumma innaka ta’lamu ayna dholatii wa ayna dhoolats, Allahumma yaa roddadh-dhollati wa yaa haadiyan minadh-dhollati wa yaa jamian-nasi liyawmin laa royba fihi, ijma’alayya dhollatii innaka ‘ala kulli syay-in qodiir

Artinya:
Ya Allah, sesungguhnya Engkau mengetahui dimana berada barangku yang hilang dan dimana ia telah hilang. Ya Allah, wahai Yang mengembalikan barang yang hilang, wahai yang memberi petunjuk dari kesesatan, wahai yang mengumpulkan manusia pada hari yang tidak ada keraguan padanya, kumpulkanlah padaku barangku yang hilang. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Demikianlah amalan 5 doa yang bisa kita amalkan untuk mencari barang yang sudah hilang karena lupa, karena dicuri atau disembunyikan oleh mahluk gaib. [kabarmakkah.com]

Tags: #Amalan Ketika Barang Hilang #Doa Kehilangan #Kehilangan Barang

Author: 
    author