Doa Didekatkan Dengan Jodoh yang Diinginkan

2110 views

Jodoh adalah rahasia Allah dan setiap manusia telah dipasangkan dengan jodohnya masing-masing, namun bukan berarti kita sebagai manusia tidak berusaha dan hanya diam menunggu jodoh yang Allah SWT tetapkan.

Walau jodoh sudah Allah tetapkan, tetap saja kita harus berusaha serta berdoa semoga diberi kemudahan dalam mendapatkannya.

Walau jodoh sudah Allah tetapkan, kita dianjurkan untuk selalu berusaha dan berdoa agar orang yang kita inginkan berjodoh dengan kita.

Sebab Allah berjanji siapa yang meminta maka akan dikabulkan permintannya. Allah berfirman,

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ

“Rab kalian berfirman, ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku ijabahi doa kalian’.” (QS. Ghafir: 60).

Loading...

Doa ini bersifat umum yang mencakup kebaikan dunia dan akhirat. Bahkan sebagian ulama terdahulu memohon kepada Allah atas semua kebutuhannya bahkan hanya sebatas garam pun ia memohon kepada Allah.

Dalam al-Mudawanah dinyatakan,

قال وأخبرني مالك عن عروة بن الزبير قال: بلغني عنه أنه قال: إني لأدعو الله في حوائجي كلها في الصلاة حتى في الملح

“Ibnul Qosim mengatakan, Imam Malik pernah menyampaikan kepadaku, dari Urwah bin Zubair Hanya saja, perlu kita pahami bahwa tidak semua doa Allah wujudkan sebagaimana yang diminta hamba-Nya.”

Yang perlu kita ketahui bahwa tidak semua doa yang kita minta Allah wujudkan sama persis dengan permintaan kita.

Berdoa itu pahala, semakin kita berdoa maka akan semakin memeperbanyak pahala. Adaklanya doa kita Allah simpan dan akan diberikan nanti di hari kiamat.

Atau bahkan Allah mewujudkan dengan cara yang berbeda yakni dengan cara menyelamatkanmu dari musibah yang setara nilainya dengan doa yang diminta

Dari Abu Said al-khudri radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَدْعُو بِدَعْوَةٍ لَيْسَ فِيهَا إِثْمٌ، وَلَا قَطِيعَةُ رَحِمٍ، إِلَّا أَعْطَاهُ اللهُ بِهَا إِحْدَى ثَلَاثٍ: إِمَّا أَنْ تُعَجَّلَ لَهُ دَعْوَتُهُ، وَإِمَّا أَنْ يَدَّخِرَهَا لَهُ فِي الْآخِرَةِ، وَإِمَّا أَنْ يَصْرِفَ عَنْهُ مِنَ السُّوءِ مِثْلَهَا

“Setiap orang mukmin yang berdoa kepada Allah pasti akan dikabulkan semala doa tersebut tidak mengandung dosa atau tidak memutuskan tali silaturahmi. Allah pasti kabulkan permohonannya dengan dengan menjadi tiga cara:

  1. Allah segerakan doanya, atau
  2. Allah simpan doanya untuk diberikan ketika di akhirat, atau
  3. Allah selamatkan darinya musibah yang semisal dengan apa yang dia minta.” (HR. Ahmad 11133 dan dihasankan oleh Syuaib al-Arnauth).

Oleh sebab itu jangan meragukan Allah, berdoalah, berusahalah setelah itu pasrahkan kepada Allah.

Jika pada akhirnya berjodoh dengan seseorang yang diidamkan maka perbanyak bersyukur dan memuji Allah. Jika sebaliknya, maka tak perlu mengeluh apalagi berputus asa sebab tak ada doa yang sia-sia.

Dia pasti yang terbaik, Allah tidak mengabulkan doa bukan berarti Allah tidak sayang hanya Allah wujudkan doa kita dalam bentuk yang lebih baik dan lebih bermanfaat tentu lebih bisa membahagiakan.

Buanglah rasa mengeluh, selalu mengedepankan sikap ikhlas dan ridha atas segala takdir Allah yang telah ditetapkan untuk anda.

Berdoalah dan meminta yang sifatnya secara umum, mintalah agar diberi pasangan yang baik untuk dunia dan akhirat serta suami dan istri yang sholehah.

Sebagian ulama lebih menyarankan doa demikian karena jika meminta satu nama, tentu akhirnya kita akan merasa sangat kecewa jika tida disandingkan dengannya.

Dan karena keterbatasan pandangan kita yang selalu menganggap dia yang terbaik namun tentu begitu adanya.

Sadarlah bahwa kita tidak pernah tahu masa depan kita dan apa yang tersembunyi maka lebih baik berdoa secara umum saja.

Lebih baik pasrahkan kepada Allah mana yang baik untukmu. Yakini saja bahwa pilihan Allah pasti yang terbaik untuk dunia juga akhirhatmu.

Allah befirman,

وَعَسَى أَن تَكْرَهُواْ شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ وَعَسَى أَن تُحِبُّواْ شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ وَاللّهُ يَعْلَمُ وَأَنتُمْ لاَ تَعْلَمُونَ

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. al-Baqarah: 216)

Serta memohonpilihan kepada Allah dengan cara sholat istikharah, semoga dengan demikian anda disandingkan dengan pasangan terbaik di dunia juga diakhirtat. [konsultasisyariah.com]

Tags: #Doa Jodoh #Jodoh Mendekat #Jodoh Terbaik