Doa Melancarkan ASI Bagi Ibu Menyusui

Kekhawatir seorang ibu ketiak produksi Air Susu Ibu (ASI) tidak deras pernah dirasakannya.

Sebagai seorang ibu pastinya khawatir dan takut anaknya jadi dehidrasi atau kelaparan kalau asupan sedikit.

Dalam buku The Ultimate Breastfeeding Book of Answer, Dr Jack Newman, dokter spesialis anak menjelaskan bahwa kekhawatiran seorang ibu perihal produksi ASI salah satu sebabnya adalah perilaku bayi.

Menurut Newman kalau bayi selalu menyusu lama dan sepertinya jarang kenyang, maka orang yang menyimpulkan bahwa sang ibu tidak bisa memberikan ASI-nya dengan baik.

Ibu yang ASI-nya banyak dan berlimpah juga mengatakan bahwa bayinya sering menyusu lama.

Sehingga bayi-bayi seperti ini bukan hanya baik dari sisi kenaikan berat badan, akan tetapi juga bisa berada atas rata-rata.

Loading...

Alquran menyebutkan tentang waktu menyusui adala dalam waktu dua tahun. Dan bukan merupakan sebuah masalah jika menyusui bayinya tidak sampai dua tahun.

Allah berfirman dalam Al-Qur’an:

وَالْوَالِدَاتُ يُرْضِعْنَ أَوْلَادَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ ۖ لِمَنْ أَرَادَ أَنْ يُتِمَّ الرَّضَاعَةَ ۚ

“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan,” (QS al-Baqarah [2]: 233).

Dalam buku Doa dan Zikir Muslimah Jika ingin menghilangkan rasa cemas yang dapat menyebabkan pasokan ASI makin drop, maka seorang ibu hendaknya membaca doa berikut ini:

الَّذِي خَلَقَنِي فَهُوَ يَهْدِينِ
وَالَّذِي هُوَ يُطْعِمُنِي وَيَسْقِينِ
وَإِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِينِ

“(Yaitu Tuhan) Yang telah menciptakan aku maka Dia-lah yang menunjukkan, dan Tuhanku.

Yang Dia memberi makan dan minum kepadaku, dan apabila aku sakit, Dia-lah yang menyembuhkan aku.” (QS. Asy-Syu’ara [26]: 78-80)

Bunda juga sebaiknya jangan terlalu khawatir dengan produksi ASI. Cobalah membaca doa ini untuk memperlancar produksi ASI, yaitu:

وَإِذِ اسْتَسْقَىٰ مُوسَىٰ لِقَوْمِهِ فَقُلْنَا اضْرِبْ بِعَصَاكَ الْحَجَرَ ۖ فَانْفَجَرَتْ مِنْهُ اثْنَتَا عَشْرَةَ عَيْنًا ۖ قَدْ عَلِمَ كُلُّ أُنَاسٍ مَشْرَبَهُمْ ۖ كُلُوا وَاشْرَبُوا مِنْ رِزْقِ اللَّهِ وَلَا تَعْثَوْا فِي الْأَرْضِ مُفْسِدِينَ

Dan (ingatlah) ketika Musa memohon air untuk kaumnya, lalu Kami berfirman: “Pukullah batu itu dengan tongkatmu”.

Lalu memancarlah daripadanya dua belas mata air.

Sungguh tiap-tiap suku telah mengetahui tempat minumnya (masing-masing). Makan dan minumlah rezeki (yang diberikan) Allah,

dan janganlah kamu berkeliaran di muka bumi dengan berbuat kerusakan. (QS. Al-Baqarah ayat 60)

Dalam buku 105 Inspirasi Nabi dalam Mendidik Anak Mohammad Irsyad, M.Pd.I, pakar parenting Islami memaparkan tentang pentingnya ASI pada  pertumbuhan anak.

Pada suatu kesempatan Rasulullah Saw menunda hukuman wanita pezina yang sedang hamil dan menyusui.

Imam Ahmad meriwayatkan tentang kisah wanita Al-Gamidiyah yang berzina. Nabi berujar kepadanya, “Kembalilah kamu sampai melahirkan.”

Setelah melahirkan, wanita itu datang menghadap Rasulullah dengan membawa anak. Namun Rasulullah berkata, “Pergilah dan susui bayimu hingga Engkau menyapihnya.”

Pada akhirnya, usai bayi disapih, Nabi menyuruh supaya anak itu dipelihara oleh salah seorang kaum Muslim. Sedangkan wanita itu menerima hukuman.

Tags: #Ibu Hamil #Ibu Menyusui