Doa Menyambut Ramadhan Sesuai Sunnah Nabi

191 views

Sebagai ummat Nabi Muhammad tentu akan merasa bahagia ketika hadirnya bulan suci ramadhan.

Semua orang menanti dengan penuh kegembiraan sehingga tak jarang ada beberpa orang yang bertanya adakah doa khusus yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan?

Ada berapa hal yang harus kita ketahui terkait doa menjelang bulan suci Ramadhan ini, ialah:

Pertama, Tak ada doa yang menganjurkan untuk menyambut datangnya bulan ramadhan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Para sahabat serta ulama terdahulu hanya merasa riang gembira akan kedatangan bulan ramadhan sehingga kebahagiaan mereka diungkapkan dengan kelimat yang mengandung doa dan kebaikan didalamnya.

Suatu riwayat yang menunjukkan bahwa para sahabat dan para ulama terdahulu begitu semangat menyambut bulan ramadhan yang disebutkan oleh al-Hafidz Ibnu Rajab menyebutkan keterangan Mu’alla bin Al-Fadhl yang mengatakan,

Loading...
كانوا يدعون الله تعالى ستة أشهر أن يبلغهم رمضان يدعونه ستة أشهر أن يتقبل منهم

Dulu para sahabat, selama enam bulan sebelum datang Ramadhan, mereka berdoa agar Allah mempertemukan mereka dengan bulan Ramadhan. Kemudian, selama enam bulan sesudah ramadhan, mereka berdoa agar Allah menerima amal mereka selama bulan Ramadhan.” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 264)

Harapan yang luar biasa pada bulan ramahan adalah dinilai bulan yang penuh dengan keistimewaan yang akan dijadikan ladang pahal sehingga mereka terdahulu tidak akan menyia-nyiakan kesempatan yang berharga.

Kemudian al-Hafidz Ibnu Rajab menyebutkan salah satu contoh doa yang mereka baca. Diriwayatkan dari Yahya bin Abi Katsir seorang ulama tabi’in bahwa beliau mengatakan,

Diantara doa sebagian sahabat ketika datang Ramadhan,

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

“Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 264)

Kedua, ada satu doa yang memang dianjurkan untuk dibaca ketika memasuki bulan ramadhan atau ketika melihat hilal, walau doa ini sebetulnya tidak hanya dibaca pada awal bulan ramadhan saja.

Doanya adalah sebagai berikut:

اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا نُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ

“Allahu akbar, ya Allah jadikanlah hilal itu bagi kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan islam, dan membawa taufiq yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridhai. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan), adalah Allah.” (HR. Ahmad 888, Ad-Darimi dalam Sunannya no. 1729, dan dinilai shahih oleh Syua’ib Al-Arnauth dalam Ta’liq Musnad Ahmad, 3/171).

Sebagai catatan akhir, doa yang telah diuraikan diatas hanya boleh dibaca oleh orang yang sudah melihat hilal awal bulan. Jadi, bagi yang tidak melihat tidak dianjurkan untuk membaca doa tersebut. Pendapat ini diperkuat oleh Dr. Sa’id Al-Qahthani dalam syarh Hisnul Muslim di halaman 262. [konsultasisyariah.com]

Tags: #Amalan Sunnah Ramadhan #Anjuran Doa #Sunnah Nabi