Doa Naik Kendaraan Sesuai Sunnah

1046 views

Ketika kita hendak bepergian maka kita harus membaca doa sebagaimana yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Ketika kita membaca doa, kita mengingikan perlindungan dari Allah.

Karena setiap orang yang bepergian pasti ingin selamat sampai tujuan, tak ada masalah yang menghambat perjalanan, berharap dijauhkan dari kecelakaan dan kendaraan rusak. Berikut ini doa naik kendaraan yang sesuai dengan anju Nabi Muhammad SAW:

بِاسْمِ اللَّهِ
الْحَمْدُ لِلَّهِ

سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنقَلِبُونَ

(3x) الْحَمْدُ لِلَّهِ
(3x) اللَّهُ أَكْبَرُ

سُبْحَانَكَ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي، فَاغْفِرْ لِي، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ.

“Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah, Maha Suci Rab yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Robb kami (di hari kiamat). Segala puji bagi Allah (3x), Allah Maha Besar (3x), Maha Suci Engkau Ya Allah, sesungguhnya aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.”

Loading...

Doa diatas adalah hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Abu Dawud (no.2602) dan at-Tirmidzi (no.3446). Hadits tersebut juga dishahihkan oleh al-Albani dalam kitab Shahih Abu Dawud dan Shahih at-Tirmidzi.

***

Selain doa diatas yang umum dibaca oleh umat Islam, ada juga doa safar atau dalam perjalan yang bisa anda baca agar selamat selama berkendara hingga sampai tujuan.

Berikut ini doa safar yang juga biasa dibaca oleh Nabi Muhammad:

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِى سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِى الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ وَالأَهْلِ

Artinya:

“Mahasuci Allah yang telah menundukkan untuk kami kendaraan ini, padahal kami sebelumnya tidak mempunyai kemampuan untuk melakukannya, dan sesungguhnya hanya kepada Rabb kami, kami akan kembali.

Ya Allah sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan, taqwa dan amal yang Engkau ridhai dalam perjalanan kami ini.

Ya Allah mudahkanlah perjalanan kami ini, dekatkanlah bagi kami jarak yang jauh.

Ya Allah, Engkau adalah rekan dalam perjalanan dan pengganti di tengah keluarga.

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesukaran perjalanan, tempat kembali yang menyedihkan, dan pemandangan yang buruk pada harta dan keluarga.” (HR. Muslim (II/998).

Demikianlah doa naik kendaraan dan doa safar semoga perjalanan kita semua lancar dan selamat sampai tujuan. [tribunnews.com]

loading...
loading...

Tags: #Doa Berkendara #Sesuai Sunnah