Doa Pembuka 12 Pintu Rezeki

2677 views

Rezeki tidak hanya berupa uang, sehingga bentuk rezeki yang diharapkan oleh semua orang tentu berbeda dan bermacam-macam.

Semua orang memang menginginkan harta yang berlimpah namun rezeki itu ada yang berupa materi dan non materi.

Rezeki yang berupa materi tentu semua orang ingin memiliki banyak uang, jabatan yang tinggi serta gaji yang tak kalah tinggi.

Sedangkan rezeki yang non materi berupa kesehatan, keselatan serta kebahagiaan yang tentu hal tersebut tidak bisa dibeli dengan uang.

Semua orang menginginkan harta yang berlimpah namun hanya sedikit dan berharap harta yang dimiliki berkah.

Seriangkali kita lupa bahwa yang terpenting adalah keberkahan dan bermanfaar tidak hanya di dunia namun juga di akhirat.

Loading...

Sehingga kita harus memperhatikan bagaimana cara kita mencari rezeki yang halal, yang baik dan berkah dengan cara bekerja atau pun berdoa.

Kita sebagai mahluk Allah yang sudah Allah jamin rezekinya tentu kita jangan berkecil hati dengan rezeki yang kita dapatkan.

Tak perlu melihat terhadap mereka yang memiliki harta yang banyak, cukup syukuri berapapun jumlahnya karena ada hikmah dan kebaikan dibalik kecilnya pendapatan yang kita miliki.

Jangan mengeluh, berusahalah semaksimal mungkin serta berdoalah untuk memohon keberkahan didalamnya.

Kita hanya manusia yang memiliki banyak keterbatasan, kita tidak pernah tahu sebesar apa rezeki Allah yang akan diberikan.

Cukup berusaha dan berdoa serta yakin doa dan usaha kita tidak akan sia-sia, karena rezeki yang kita dapatkan semata-mata untuk mengharap ridho Allah.

12 Pintu Rezeki dari Allah SWT yang selalu keberkahannya selalu kita harapkan. Inilah 12 pintu-pintu rezeki tersebut.

1. Rezeki yang Telah Dijamin

وَمَا مِن دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُّبِينٍ

“Dan tidak satupun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).” (QS. Huud : 6)

2. Rezeki Karena Usaha

وَأَن لَّيْسَ لِلْإِنسَانِ إِلَّا مَا سَعَىٰ

“dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya,” (QS. an-Najm : 39)

3. Rezeki Karena Bersyukur

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat’.” (QS. Ibrahim : 7)

4. Rezeki yang Tak Terduga

وَمَن يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجًا

“… barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya,” (QS. at-Thalaq : 2)

5. Rezeki Karena Istighfar

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا () يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُم مِّدْرَارًا

“maka aku berkata (kepada mereka), “Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu,” (Nuh: 10 – 11)

6. Rezeki Karena Menikah

وَأَنكِحُوا الْأَيَامَىٰ مِنكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ ۚ إِن يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِن فَضْلِهِ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

“Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui.” (QS. an-Nur: 32)

7. Rezeki Karena Anak

وَلَا تَقْتُلُوا أَوْلَادَكُمْ خَشْيَةَ إِمْلَاقٍ ۖ نَّحْنُ نَرْزُقُهُمْ وَإِيَّاكُمْ ۚ إِنَّ قَتْلَهُمْ كَانَ خِطْئًا كَبِيرًا

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang memberi rezeki kepada mereka dan kepadamu. Membunuh mereka itu sungguh suatu dosa yang besar.” (QS. al-Isra’ : 31)

8. Rezeki Karena Sedekah

مَّن ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَاللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْسُطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

“Barangsiapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan.” (QS. al-Baqarah: 245)

Diatas adalah 8 pintu rezeki yang Allah janjikan kepada kita. Selain itu ada 4 pintu rezeki (yang totalanya ada 12 pintu rejeki) yang bisa membuat pintu rezeki kita terbuka.

  1. Rezeki karena kita rajin bersilaturrahmi
  2. Rezeki untuk orang-orang yang senantiasa beriman, bertaqwa
  3. Rezeki karena mengorbankan diri, harta dan waktu untuk urusan agama
  4. Rezeki karena membaca surat Al Waqiah dan sholat dhuha secara istiqomah.

12 pintu diatas jika dilaksanakan dengan istiqomah maka insyaAllah akan mendapatkan rezeki yang melimpah tanpa melihat status dan golongan.

Karena siapapun boleh mengamalkannya. Sebagai Ummat islam kita harus senantiasa merayu Allah karena tak ada rezeki yang kita dapat kecuali atas izin Allah.

Kita juga bisa mengamalkan doa pemuka 12 pintu rezeki setiap hari sebagai salah satu usaha kita dalam mencari rezeki yang berkah juga halal.

1. Doa Pembuka 12 Pintu Rezeki
Cobalah untuk membiasakan diri bangun disepertiga malam. Lakukan shalat tahajud dan sholat witir karena waktu disepertiga malam adalah waktu yang mustajab. Setelah sholat bacalah dzikir dan sholawat, kemudian bacalah:

Allahummaf tahlii abwaabal khoiri, wa abwaaba sholaamati, wa abwaabas shihati, wa abwaaban nia’mati, wa abwaaba barokhati, wa abwaabal quwwati, wa abwaabal, mawaddathi, wa abwaabar rohmati, wa abwaabar rizqi, wa abwaabal ‘ilmi, wa abwaabal maghfirothi, wa abwaabal jannati, yaa arhamarroohimiin

Artinya:
“Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu kebaikan, pintu-pintu keselamatan, pintu-pintu kesehatan, pintu-pintu nikmat, pintu-pintu keberkatan, pintu-pintu kekuatan, pintu-pintu cinta sejati, pintu-pintu kasih sayang, pintu-pintu rezeki, pintu-pintu ilmu, pintu-pintu ampunan dan pintu-pintu surga. Ya Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”.

2. Doa Memohon Rezeki yang Halal dan Berkah
Ketika kita berdoa agar dibukakan pintu rezeki, maka kita pun jangan pernah lupa untuk memohon agar rezeki yang kita dapatkan halal dan berkah.

Karena yang terpenting adalah kehalalan dan keberkahan rezeki sangat utama.

Sebagai ummat islam inilah tujuan kita yang sebenarnya dalam mencari rezeki bukan hanya melihat jumlah yang didapat. Inilah doa yang harus kita baca:

Allahumma innii as aluka an tarzuqanii rizqan halaalan waasi’an thayyiban min ghairita’abin wala masyaqqatin walaa dhoirin wa laa nashabin innaka ‘alaa kulli syai in qadiir

Artinya:
“Ya Allah, aku minta pada Engkau akan pemberian rezeki yang halal, luas, baik tidak tanpa repot dan juga tanpa kemelaratan dan tanpa keberatan, sesungguhnya Engkau kuasa atas segala sesuatu”.

3. Doa Memohon Rezeki yang Melimpah
Nabi yang dikarunia rezeki yang berlimpah serta kekayaan yang luar biasa, kerajaan besar serta agung adalah Nabi Sulaiman.

Namun semua kekayaan tersebut tak lepas dari dia Nabi Sulaiman yang dikabulkan oleh Allah, Sebagaimana doanya yang terdapat didalam surah Shaad ayat 35 yang berbunyi,

قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِي وَهَبْ لِي مُلْكًا لَّا يَنبَغِي لِأَحَدٍ مِّن بَعْدِي ۖ إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ

Latin:

Rabbighfirlii wahablii mulkan laa yanbaghii li-ahadin min ba’dii, innaka antalwahhaab

Artinya:
“Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapa pun setelahku. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Pemberi”.

4. Doa Untuk Menarik Rezeki Dari Segala Penjuru
Setelah shalat fardu adalah waktu yang bisa kita gunakan untuk berdoa dan memohon terpenuhinya hajat kita dengan pertolongan Allah.

Kita bisa meminta apapun tak terkecuali kita bisa berdoa memohon rezeki dari segala penjuru, dengan membaca doa:

Wahai Allah limpahkanlah rahmat atas junjungan kita Nabi Muhammad sebanyak aneka rupa rezeki. Wahai Dzat yang Maha Meluaskan rezeki kepada orang yang dikehendaki-Nya tanpa hisab. Luaskanlah dan banyakkanlah rezekiku dari segenap setiap penjuru dari perbendaharaan rezeki-Mu tanpa pemberian dari makhluk, berkat kemurahan-Mu juga. Dan, limpahkanlah pula rahmat dan salam atas dan para sahabat beliau.

Baca selama 7 kali setiap selesai shalat fardhu.

Disamping itu, alangkah baiknya kita juga melakukan amalan-amalan sunah setiap hari seperti sholat dhuha 4 rakaat dengan dua kali salam.

Allah berjanji akan mencukupkan diri orang yang melakukan sholat sunah dhuha pada hari itu.

Dengan kita banyak mengamalkan amalan maka akan bertambah juga timbangan amal sholeh kita yang diharapkan menjadi penggugur dosa-dosa kita.

Serta jangan lupa untuk senantiasa beristighfar dan memohon ampunan dari Allah. Karena dosa bisa menjadi penghalang datangnya rezeki kepada kita. [dalamislam.com]

Tags: #Doa Memperlancar Rezeki #Doa Pembuka Rezeki #Doa Rezeki