Doa Perlindungan dan Keselamatan yang Sering Dibaca Rasulullah SAW

229 views

Dalam hidup tak ada manusia yang ingin celaka semua pasti mengharapkan keselamatan. Maka dari kita dianjurkan untuk selalu berdoa, meminta perlindungan kepada Allah SWT.

Rasulullah SAW juga mengajrkan ummatnya agar berdoa. Beliau sering memanjatkan doa kepada Allah SWT. untuk keselamatan dan doa berlindung dari perginya nikmat Allah.

Inlah doa yang kerap diucapkan Nabi Muhammad SAW. dalam doanya:

 

اَللّٰهُمَّ إِنِّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ، وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ، وَ فُجَآئَةِ نِقْمَتِكَ، وَ جَمِيْعِ سَخَطِكَ

Loading...

“Allahumma inni a’udhu bika min zawali ni’matik, wa tahawwuli‘ afiyatik, wa fuja’ati niqmatik, wa jami’i sakhatik.”

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat-Mu, berubahnya kesejahteraan dari-Mu, kemurkaan-Mu yang datang dengan tiba-tiba dan seluruh kemarahan-Mu.” (HR. Muslim)

Doa ini juga dapat kita panjatkan dengan tujuan memohon keselamatan diri dan keluarga, dan nikmat yang Allah berikan pada kita.

Al-Ustadz Ahmad Zacky yang mengutip Al-Munawi,

Dalam buku Doa Terbaik Sepanjang Masa, menyebutkan makna ‘berlindung dari kehilangan nikmat’ yaitu berlindung dari hilangnya nikmat-nikmat Allah, nikmat lahir (materi) maupun nikmat batin (non-materi).

Dan Nikmat itu adalah sesuatu yang mendatangkan kebaikan bagi orang yang menerimanya.

Para ulama mengatakan bahwa tidak ada nikmat bagi orang kafir sedikit pun. Kesenangan dunia, justru akan mendatangkan keburukan bagi mereka di dunia dan akhirat.

Selain itu, kalimat ‘berlindung dari kehilangan nikmat’ dalam artian berlindung dari pada Allah dari melakukan perbuatan-perbuatan maksiat. Karena maksiat dapat menghilangkan nikmat orang yang melakukannya.

Adapun maksud dari ‘berlindung atas berubahnya keselamatan-Mu’ adalah menghilangnya keselamatan dalam hidup seorang hamba dan berubah menjadi kesengsaraan.

Tags: #Berlindung pada Allah #Doa Keselataman #Doa Nabi