Doa Setelah Adzan, Latin, Arab dan Artinya

Sebagai umat islam kita diperintahkan untuk menjawab adzan, tidak hanya itu saja selain kita harus menjawab adzan kita diperintahkan berdoa setelah menjawab adzan.

Bacaan Doa Setelah Adzan

للهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

Latin:

Allaahumma robba haadzihid da’watit taammah, washsholaatil qoo-imah, aati muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wasysyarofa, wad darajatal, ‘aaliyatar rofii’ah, wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtah, innaka laa tukhliful mii’aadz

Artinya:
“Ya Allah, Tuhan pemilik panggilan yang sempurna (adzan) ini dan shalat (wajib) yang didirikan. Berilah al-wasilah (derajat di surga), dan al-fadhilah (keutamaan) kepada nabi Muhammad. Dan bangkitkanlah beliau sehingga bisa menempati kedudukan terpuji yang Engkau janjikan.” (HR. Bukhari, Abu dawud, Tarmidzi, Nasa’i dan Ibnu Majah).

Tentang keistimewaan doa tersebut ada sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Jabir bin Abdullah Ra, bahwa Nabi Muhammad SAW Bersabda:

“Barang siapa ketika mendengar adzan lalu mengucapkan (doa setelah adzan), maka masuklah syafaatku baginya di hari kiamat.” (HR. Bukhari).

Loading...

Yang dimaksud akan mendapatkan Syafaat Rasulullah Adalah kita sebagai uamtnya akan mendapatkan pertolongan dari Nabi Muhammad di hari kiamat nanti.

Yang mana syafaat Rasulullah ini beragam dan banyak macamnya. Diantara syafaat Nabi Muhammad yaitu:

  • Akan menanggung dosa-dosa kita sebagai umatnya agar mendapat ampuan dari Allah SWT
  • Memasukkan kita ke dalam surga tanpa hisab
  • Menaikkan derajat setiap orang yang memang sesuai dan pantas baginya

Setelah adazan adalah waktu yang sangat mustajab untuk berdoa. Ketika azdan di kumandangkan maka kita harus diam dan jawablah adzan serta berdoalah setelah adzan selelsai.

Rasulullah pun berkata tentang syafaat beliau, terdapat kabar gembira bagi siapapun yang membaca doa setelah Adzan yaitu akhir hidupnya akan khusnul khatimah.

Membaca Doa Setelah Adzan Akan Husnul Khatimah
Ketika seorang sudah berhak mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW maka secara otomatis ia adalah seseorang yang akan dikaruniai keimanan ketika meninggal di akhirat kelak, dan meninggal dalam keadaan husnul khotimah.

Maka dari itu kita harus benar-benar berdoa dengan penuh keseriusan, hayati maknanya karena untuk mendapatkan keistimewaan syafaat tidak cukup dengan membaca secara lisan saja. [wisatanabawi.com]

loading...
loading...

Tags: #Doa Adzan #Doa Setelah ADzan #Menjawab Adzan