Doa Setelah Sholat Subuh yang Biasa Nabi Baca

142 views

Nabi menganjurkan kita untuk membaca doa ini setelah melaksanakan shalat Subuh.

Walau pun Nabi adalah orang yang paling dekat dengan Alllah, orang yang paling disayang oleh Allah, namun ia tak pernah sombong apalagi angkuh terhadap amalan yang ia kerjakan.

Sebagai umat Nabi Muhammad maka itulah yang harus kita ikuti, jangan merasa puas terhadap kebaikan yang sudah dilakukan.

Inilah kebiasaan Nabi Muhammad ketika selesai shalat subuh.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا وَرِزْقًا طَيِّبًا

“Ya Allah, Aku meminta kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, dan amal yang diterima juga rizki yang baik.”

Doa diatas juga dipertegas oleh Nabi yang diterangkan oleh Imam Nawawi dalam kitab al-Adzkar,

Loading...
ﻭﺭﻭﻳﻨﺎ ﻓﻲ ﻣﺴﻨﺪ اﻹﻣﺎﻡ ﺃﺣﻤﺪ، ﻭﺳﻨﻦ اﺑﻦ ﻣﺎﺟﻪ، ﻭﻛﺘﺎﺏ اﺑﻦ اﻟﺴﻨﻲ، ﻋﻦ ﺃﻡ ﺳﻠﻤﺔ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﺎ ﻗﺎﻟﺖ: ﻛﺎﻥ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺇﺫا ﺻﻠﻰ اﻟﺼﺒﺢ ﻗﺎﻝ: ” اﻟﻠﻬﻢ ﺇﻧﻲ ﺃﺳﺄﻟﻚ ﻋﻠﻤﺎ ﻧﺎﻓﻌﺎ، ﻭﻋﻤﻼ ﻣﺘﻘﺒﻼ، ﻭﺭﺯﻗﺎ ﻃﻴﺒﺎ

Dan kami meriwayatkan hadits dari Kitab Musnad Imam Ahmad, Juga dari Sunan Ibnu Majah dan dari kitab Ibnu Sunny dari Ummi Salamah RA berkata: ”Rasulullah Saw setelah shalat Shubuh membaca doa:” Ya Allah, Aku meminta kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, dan amal yang diterima juga rizki yang baik.”

Doa diatas memiliki tiga makana yang sangat mendasar, yang mana kita akan mendapatkan keberkahan, keberuntungan yang harus didasari oleh ilmu.

Karena ilmu tidak dikatakan bermanfaat apabila tidak dipraktekkan dan diamalkan. Namun untuk mendapatkan ilmu serta amal maka harus ada biaya yang cukup, rezeki yang berkah serta mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Maka kita harus memperbanyak doa ini sehingga Allah akan mencukupi kebutuhan kita serta Allah akan memberikan ilmu yang bermanfaat sebagai penentu diterimanya amal perbuatan kita.

Itulah doa yang harus kita baca setelah melaksanakan shalat subuh. [islami.co]

Tags: #Anjuran Doa Setelah Shalat Subuh #Doa Setelah Shalat Subuh