Doa Setelah Sholat

821 views

Allah memerintahkan umat muslim untuk melaksanakan shalat fardu, karena shalat merupana tiang agama dan kewajiban kita sebagai umat muslim.

Di dalam buku keistimewaan shalat khusuk dijelaskan bahwa makna shalat secara bahasa adalah doa.

Sedangkan menuurt istilah adalah ucapan-ucapan dan amalan khusus yang dimulai dengan mengagungkan Allah yaitu takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam.

Maka tak salah jika shalat disebut sebagai doa, karena mayoritas doannya mengandung doa, seperti doa iftitah, bacaan rukuk dan sujud.

Walau pun shalat berisi tentang doa-doa, namun setelah melaksanakan shalat kita duisunnahkan untuk membaca dzikir dan doa lagi.

Dzikir yang berupa istighfar, tasbih, takbir, tasbih, takbir hingga tahlil kemudian disusul dengan bacaan shalat lainnya.

Loading...

Semua bacaan doa ini merupakan kumpulan doa islami mulai dari shalwat Nabi, doa memohon perlindungan dari kejahatan, doa meminta keselamatan duni dan akhirat dan meminta kebahagiaan dunia akhirat.

Berikut ini beberapa kumpulan doa setelah shalat fardu maupun sunnah yang bisa anda amalkan secara istiqomah:

1. Membaca Tahmid, Memuji dan Bersyukur Kepada Allah
Urutan doa yang pertama kali dibaca setelah shalat yaitu tahmid. Karena kita sebagai hamba merasa tidak ada yang bisa memberikan kenikmatan apapun kecuali Allah SWT.

Bertahmid, kita memuji kesucian Allah dan bersyukur kepada-Nya. Berikut bacaanya,

اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِىْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَارَبَّنَالَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ كَمَا يَنْبَغِىْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

Artinya;
“Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam. Pujian yang sebanding dengan nikmat-nikmatNya dan menjamin tambahannya. Wahai Tuhan kami, bagi-Mu-lah segala puji, dan bagi-Mu-lah segalah syukur, sebagaimana layak bagi keluhuran zat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu”

2. Bersholawat Pada Nabi
Urutan kedua setelah melaksanakan shalat adalah membaca shalawat Nabi. Bacaan shalawat selalu diikut sertakan didalam bacaan doa sebagai penghormatan kepada Nabi juga memohon syafaatnya.

Bagian inilah yang juga berisi doa, memohon perlindungan dari keburukan sampai meminta hajat. Berikut bacaan shalawat dalam doa-doa setelah shalat,

اَللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. صَلاَةً تُنْجِيْنَابِهَا مِنْ جَمِيْعِ اْلاَهْوَالِ وَاْلآفَاتِ. وَتَقْضِىْ لَنَابِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ.وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ. وَتَرْفَعُنَابِهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ. وَتُبَلِّغُنَا بِهَا اَقْصَى الْغَيَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ اِنَّهُ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَاقَاضِىَ الْحَاجَاتِ.

Artinya:
Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad dan keluarganya, yaitu rahmat yang dapat menyelamatkan kami dari segala ketakutan dan penyakit, yang dapat memenuhi segala kebutuhan kami, yang dapat mensucikan diri kami dari segala keburukan, yang dapat mengangkat derajat kami ke derajat tertinggi di sisi-Mu, dan dapat menyampaikan kami kepada tujuan maksimal dari segala kebaikan, baik semasa hidup maupun sesudah mati. Sesunggunya Dia (Allah) Maha Mendengar, Maha Dekat, lagi Maha Memperkenankan segala doa dan permohonan. Wahai Dzat yang Maha Memenuhi segala kebutuhan Hamba-Nya.”

3. Doa Selamat Dunia Akhirat
Yang ketiga, yaitu membaca doa untuk keselamatan dunia akhirat. Berikut doanya,

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَصِحَّةً فِى الْبَدَنِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ. رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Artinya:
Wahai Allah, Sesungguhnya kami memohon kepadaMu, kesejahteraan dalam agama, dunia dan akhirat, keafiatan jasad, kesehatan badan, tambahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datang maut, rahmat pada saat datang maut, dan ampunan setelah datang maut. Wahai Allah! Permudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, (Berilah kami) keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat dilaksanakan hisab.Ya Allah, janganlah Kau goyahkan hati kami setelah Kau beri petunjuk dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi.”

4. Doa Minta Kebahagiaan Dunia Hingga Akhirat
Doa untuk kebaikan dunia-akhirat, doa ini juga disebut dengan doa sapu jagat

Urutan doa-doa setelah shalat selanjutnya yaitu doa bahagia dunia akhirat. Doa ini biasa disebut sebagai doa sapu jagat.

Karena menurut jumhur ulama’ doa ini mencakup seluruh permintaan manusia di dunia maupun di akhirat (tebuireng.online). Berikut doanya,

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya:
“Ya Tuhan Kami, berilah Kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah Kami dari siksa neraka”. (QS. al-Baqarah: 201)

5. Doa Penutup
Doa terakhir yang bisa kita baca berisi shalawat Nabi dan bacaan tahmid. Berikut bacaanya,

وَصَلَّى اللهُ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya:
Semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya dan segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam.”

Itulah doa-doa setelah sholat yang sepatutnya kita baca. Kumpulan doa ini merupakan bagian teringkas dan bisa saja ditambahi doa-doa lainnya. [zakat.or.id]

Tags: #Doa Selesai Shalat #Doa Setelah Shalat