Doa Sujud Syukur

407 views

Hal pertama yang harus kita miliki sebagai orang muslim adalah rasa syukur.

Kita harus senantiasa bersyukur kepada Allah SWT setiiap waktu apapun dan bagaimana pun keadannya, apalagi ketika Allah memberi nikmat kepada kita.

Saat mendapat nikmat, umat Islam dianjurkan untuk bersyukur saat itu juga. Salah satunya dengan melakukan sujud syukur.

Ada beberapa jenis bacaan sujud syukur yang bisa anda baca sesuai dengan keinginan anda, berikut ini selengkapnya:

1. Membaca Tasbih, Tahmid, dan Tahlil

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ للهِ، وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ الله، وَاللهُ أَكْبَرُ

Artinya:
“Maha Suci Allah. Segala puji kepunyaan Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar.”

Loading...

2. Bedoa dan Berdzikir

سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ فَتَبَا رَكَ اللهُ اَحْسَنُ الْخَالِقِيْنَ

Artinya:
“Aku sujudkan wajahku kepada yang menciptakannya, membentuk rupanya, dan membuka pendengaran serta penglihatan. Maha Suci Allah sebaik-baik Pencipta.”

3. Membaca Surah an-Naml Ayat 19

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

Artinya:
“Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.” (QS. an-Naml: 19).

4. Membaca Doa

اللَّهُمَّ أَعِنِّى عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Artinya:
“Ya Allah, bantulah aku dalam selalu berdzikir atau mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu dan memperbagus ibadah kepada-Mu.” (HR. Musim).

Doa diatas adalah untuk memohon kepada Allah agar diberi pertolongan untuk mensyukuri nikmat Allah sehingga kita mendapatkan keridhaan serta nikmat Allah.

Jika kita mendengar atau membaca ayat sadjah kita harus melakukan sujud tilawah. Serta kita harus meminta kepada Allah agar memperbaiki ibadah dan ketaatn kita kepada Allah.

***

Alasan Kenapa Kita Dianjurkan Sujud Syukur
Di dalam al-Qur’an Allah sudah menegaskan agar kita umat Islam untuk selalu bersyukur agar segala nikmat yang diperolehnya. Allah berfiman:

لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (QS. Ibrahim: 7).

Salah satu cara bersyukur kepada Allah yaitu dengan melakukan sujud syukur. Kapan waktu melakukan sujud syukur kepada Allah? yaitu pada saat mendapatkan hadiah, naik jabatan, lulus ujian dan nikat lainnya.

Atau dilakukan oleh seseorang yang terlepas atau selamat dari musibah. Misal sembuh dari sakit, selamat dari bencana atau lain sebagainya.

Dengan melakukan sujud syukur bertujuan akan melahirkan terimakasih keapda Allah SWT yang sudah ia dapatkan.

Bisa jadi lisan hanya mengucapkan Alhamdulillah ketika nikmat itu datang, akan tetapi ucapan tersebut hanya sebatas ucapan tanpa meresapi makna dan pengkhayatan rasa syukur.

Dengan sujud syukur yang kita lakukan, maka hati kita akan menjadi tenang dan sadar bahwa nikmat Allah begitu besar. Dengan melakukan sujud syukur maka kita benar-benar membuktikan bahwa kita berterimakasih kepada Allah. Nabi pun sudah mencontohkannya:

“Apabila Nabi Muhammad SAW. menerima berita yang menggembirakannya, biasanya beliau terus bersujud kepada Allah SWT”, (HR. Abu Dawud).

“Suatu hari, Rasulullah keluar dari kediamannya. Tiba-tiba, beliau terperangah lalu masuk kembali ke dalam, kemudian beliau menghadap kiblat dan bersujud syukur lama sekali, lalu beliau mengangkat kepalanya dan berkata, ‘Jibril datang kepadaku mengatakan bahwa Allah berkata kepadamu, “Barang siapa membaca shalawat dan salam kepadamu maka Aku mengucapkan shalawat dan salam kepadanya,’ aku bersujud mensyukuri itu,” (HR. Ahmad dan Hakim). [wisatanabawi.com]

Tags: #Doa Sujud Syukur #Sujud Syukur