Doa yang Biasa Nabi Muhammad Baca Saat Bangun Tidur

358 views

Umat Islam tidak hentinya dianjurkan untuk selalu berdoa, mulai dari hendak tidur hingga bangun tidur kita selalu dianjurkan untuk berdoa. Nabi Muhammad SAW pun selalu membaca doa setiap angun tidur dan beliau pun selalu bangun sebelum adzan subuh.

“Rasulullah SAW membaca doa bangun tidur, ahkan beliau bangun lebih awal sebelum azan Subuh berkumandang, berikut ini doanya:

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Allāhumma bika ashbahnā, wa bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūru.

Artinya: “Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali,”(HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah).

Lebih lanjut, kata Ainul Yaqin, selain doa di atas tadi juga bisa membaca doa bangun tidur yang umum dibaca oleh umat Muslim:

Loading...

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan”. (HR. Bukhari no. 6325).

Menurut Ainul, sunnah lain mengatakan bahwa kebiasaan Nabi Muhammad ketika bangun tidur langsung bergegas mempersiapkan diri untuk pergi ke masjid untuk shalat subuh berjama’ah.

Tags: #Bangun Tidur #Berdoa #Doa #Doa Bangunn Tidur