2 Macam Doa yang Menghimpun dan Mencakup Dunia Sampai ke Akhirat

235 views

Tak sedikit manusia yang mengandalkan dirinya, mengedepankan kepintarannya dan amal perbuatannya.

Dan sangat sedikit yang bertawakkal kepada Allah dan bukan doa dan pertolongan Allah yang di utamakan. Nyaris sombong karena merasa semuanya yang di dapat adalah kemampuannya sendiri.

Di dalam Islam syariat telah mengajarkan kita agar ikhtiar dan tawakkal. Ikhtiar yang dilakukan manusia tidak akan berkah jika tidak melibatkan Allah.

Maka dari itu doa adallah perkara yang sangat penting dan menjadi senjata bagi kaum mukmin karena sebuah ikhtiyar tanpa doa itulah sebuah kesombongan.

Bahkan  Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan dalam satu hadis bahwa tidak ada yang dapat mengubah takdir kecuali doa.

Lantas, bagaimana caranya spaya doa dapat terkabul? Seorang mukmin harus yakin terhadap doa yang yang dipanjatkannya bahwa doa itu akan Allah kabulkan.

Loading...

Allah berfirman;

 

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

“Dan Tuhanmu berfirman, ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.” (QS Al-Ghafir: Ayat 60).

Inilah doa yang dapat menghimpun semua kebaikan di dunia dan akhirat. Doa ini merupakan doa yang sering diajarkan para ulama.

اللَّهُمَّ إِنَّكَ خَلَّاقٌ عَظِيْمٌ إِنَّكَ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ إِنَّكَ غَفُوْرٌ رَحِيْمٌ إِنَّكَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَطِيْمِ. اللَّهُمَّ إِنَّكَ أَنْتَ الْبَرُّ الْجَوَادُ الْكَرِيْمُ إِغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي وَعَافِنِي وَارْزُقْنِي وَاسْتُرْنِي وَاجْبُرْنِي وَارْفَعْنِي وَلاَ تُضِلَّنِي وَأَدْخِلْنِي الْجَنَّةَ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma innaka khollaqun ‘azhim, innaka samii’un ‘alim, innaka ghofurur rahim, innaka Robbul-‘arsyil ‘azhim.

Allahumma innaka Antal barrul jawaadul Kariim, igfirlii warhamni wa ‘afini warzuqni wasturni wajburni warfa’ni wa la tudhillani wadkhilnil jannati biromahtika Ya Arhamar Rahimiin.

“Ya Allah, sungguhlah Engkau Maha Pencipta lagi Mahaagung, Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui,

Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang dan Engkau Penguasa ‘Arsy yang agung. Ya Allah, sungguhlah Engkau Mahabenar, Maha Penyantun lagi Maha Pemurah,

ampunilah aku dan selamatkanlah aku, limpahkanlah rezeki kepadaku, tutupilah aib (cacat kekurangan)-ku, karuniailah aku ganjaran pahala, tingkatkanlah derajatku (martabatku),

janganlah aku Engkau sesatkan dan masukkanlah ke dalam surga dengan rahmat-Mu, wahai Maha Pengasih dan Penyayang (Arhamar-Rahimin)”.

Selain doa di atas, ada juga doa yang diajarkan Al-Qur’an.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari siksa neraka”. (QS. Al-Baqarah: Ayat 201).

Tags: #Doa Kebaikan #Dunia Akhirat #Kebaikan Akhirat #Kebaikan Dunia