Dosa Menghadiri Resepsi Pernikahan Jika Melakukan 4 Hal Ini

138 views

Salah satu kewajiban orang muslim adalah menghadiri undangan pernikahan. Selama tidak ada alasan yang syar’i maka sebisa mungkin harus memenuhi undangan tersebut.

Akan tetapi ada beberapa hal yang membuat kita justru berbuat dosa tanpa disadari ketika menghadiri resepsi perbikahan.

1. Pamer Pakaian dan Perhiasan
Pernikahan merupakan hal istimewa yang melibatkan banyak orang sehingga semua orang berlomba-lomba untuk tampil istimewa.

Salah satunya yaitu menggunakan pakaian yang bagus, selama hal tersebut tidak berlebihan tentu tidak masalah.

Akan tetapi kebanyakan orang khususnya perempuan cenderung berpenampilan yang bagus dan menggunakan perhiasan mahal, cincin, kalung hingga berjuntai-juntai sehingga timbullah rasa pamer.

Padahal didalam Al-Qur’an sudah jelas bahwa pamer kekayaan itu dilarang,

Loading...
أَلْهَاكُمُ التَّكَاثُرُ

Bermegah-megahan telah melalaikan kamu.” (QS. at-Takatsur: 1)

2. Mengeluh Pada Suami
Hanya karena tidak memiliki pakaian yang bagus, tidak memiliki perhiasan yang sebanding dengan tamu yang lain ia malah mengeluh minta dibeliin kepada sumianya.

Hal ini tentu karena godaan syetan agar turut bermegah-megahan sehingga tidak memiliki rasa syukur terhadap apa yang dimiliki.

3. Berlebihan Dalam Mengambil Hidangan
Biasanya tuan rumah menyediakan hidangan yang enak-enak sebagai tanda rasa terimakasih kepada tamu yang hadir.

Keinginan untuk melahap semua manakan yang ada biasanya dimiliki oleh kita sebagai tamu sehingga mengambil porsi hidayangan yang banyak. Akibatnya makannya tersisa dan berserakan begitu saja.

Sungguh hal ini sangat mubazir dan merupakan perbuatan setan. Maka lebih baik ambil makanan yang sekiranya dihabiskan.

يَا بَنِي آدَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِندَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوا ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

“Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.” (QS. al-A’raf: 31)

4. Bergosip Sama Teman-teman
Ketika menghadiri resepsi pernikahan seringkali dijadikan sebagai ajang reunian. Kita akan bertemu dengan teman-tean kita, saling bertanya kabar hingga memiliki peluang untuk membicarakan orang lain.

Saling membicarakan, tanpa disadari sudah berbuat dosa padahal menghadiri resepsi pernikahan harusnya menjadikan ibadah dan bernilai ibadah.

Itulah beberapa dosa yang sering tidak kita sadari ketika menghadiri pesta pernikahan. [ummi-online.com]

Tags: #Dosa Hadiri Resepsi #Hadiri Resepsi #Resepsi Pernikahan