Gemar Membaca Al-Qur’an Tapi Tetap Masuk Neraka, Mengapa Bisa?

Al-qur’an adalah kitab suci umat islam sebagai petuntuk dalam kehidupan. Umat islam setiap hari harus membaca al-qur’an.

Lantas, jika ada orang yang rajin baca quran tetapi tidak diridhoi Allah benarkah akan dijebloskan ke neraka?

Rasulullah SAW bersabda:

….. وَرَجُلٌ تَعَلَّمَ الْعِلْمَ وَعَلَّمَهُ وَقَرَأَ الْقُرْآنَ فَأُتِيَ بِهِ فَعَرَّفَهُ نِعَمَهُ فَعَرَفَهَا. قَالَ فَمَا عَمِلْتَ فِيهَا؟ قَالَ: تَعَلَّمْتُ الْعِلْمَ وَعَلَّمْتُهُ وَقَرَأْتُ فِيكَ الْقُرْآنَ. قَالَ: كَذَبْتَ، وَلَكِنَّكَ تَعَلَّمْتَ الْعِلْمَ لِيُقَالَ عَالِمٌ وَقَرَأْتَ الْقُرْآنَ لِيُقَالَ هُوَ قَارِئٌ فَقَدْ قِيلَ. ثُمَّ أُمِرَ بِهِ فَسُحِبَ عَلَى وَجْهِهِ حَتَّى أُلْقِيَ فِي النَّارِ

“Dan didatangkan pula seseorang yang mempelajari ilmu dan membaca Alquran, lalu diperlihatkan kepadanya kenikmatan, sehingga ia mengetahuinya dengan jelas.

Allah bertanya: ‘Apa yang telah kamu perbuat?

Loading...

Dia menjawab, ‘Saya telah belajar ilmu dan mengajarkannya, saya juga membaca Alquran demi Engkau.’

Allah berfirman: ‘Kamu dusta, akan tetapi kamu belajar ilmu agar dikatakan “seorang ‘alim” dan kamu membaca Al Qur’an agar dikatakan seorang “Qari’” dan kini kamu telah dikatakan seperti itu,

kemudian diperintahkan kepadanya supaya dia dicampakkan dan dilemparkan ke dalam neraka. (HR. Muslim : 1905).

Dalam hadits itu, dijelaskan bahwa ada golongan manusia yang membaca al-quran namun tidak mendekatkan dirinya kepada Allah SWT.

Bahkan membuat murka Allah SWT. Mereka adalah orang yang membaca alquran dengan tujuan mendapatkan pujian manusia.

Mereka membaca al-qur’an bukan untuk memahami dan mengamalkan isinya. Namun bertujuan medapatkan gelar ‘alim atau qari’ dan hal itu menyebabkan dimurkai dan dicampakkan ke dalam neraka.

loading...
loading...

Tags: #Baca Al-Qur'an #Masuk Neraka #Masuk Surga