Hadiah Bagi Orang yang Bisa Menjawab Pertanyaan 2 Malaikat Mungkar Nakir

588 views

Orang islam wajib percaya akan adanya siksa dan nikmat di dalam kubur. Karena itu adalah termasuk keyakinan yang dimiliki orang islam yakni iman terhadap perkaya ghaib.

Siapa pun, tanpa terkecuali, laki-laki maupun perempuan, ketika mereka meninggal dunia, maka ruhnya akan langsung dikembalikan ke dalam jasadnya, begitu selesai acara pemakaman.

Kemudian datanglah dua orang malaikat, yang kemudian keduanya mendudukannya dan menanyakan padanya empat pertanyaan:

Pertama: Siapa Rabbmu?.
Kedua: Apa agamamu?.
Ketiga: Siapa Nabimu?
Keempat: Dari mana kamu memperoleh jawaban pertanyaan-pertanyaan di atas?.

Jika seandainya si mayit bisa menjawab keempat pertanyaan itu, maka Allah segera memberitahu keberhasilan ujian dari pertanyaan itu. Lantas Allah menyuruh para malaikat agar memberikannya enam hadiah sekaligus, dan dia masih berada di dalam kuburnya.

Adapun Enam hadiah tersebut adalah:

Loading...

Pertama: Kasur dari surga.

Kedua: Pakaian dari surga.

Ketiga: Wangi Surga
Dibukakan pintu menuju surga, sehingga wangi surga menyemerbak ke dalam kuburnya, melihat keindahan surga dan segala macam isi yang ada di dalamnya.

Keempat: Tiket Surga
Mendapat tiket surga dan sebagai calon tetap penghuni surga walaupun ia masih di dalam kuburnya.

Kelima: Diluaskan kuburnya sejauh mata memandang.

Keenam: Kuburnya diterangi dengan cahaya yang terang benderang.

Dari Baraa’ bin Azib radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi Shalallahu ‘alaih wa sallam pernah menceritakan mengenai orang yang telah mati dalam keadaan beriman.

 

فَقَالَ النَّبِيَّ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَمَ : (( فَتُعَادُ رُوحُهُ فِي جَسَدِهِ فَيَأْتِيهِ مَلَكَانِ فَيُجْلِسَانِهِ. فَيَقُولاَنِ لَهُ مَنْ رَبُّكَ؟.فَيَقُولُ رَبِّيَ اللهُ . فَيَقُولاَنِ لَهُ مَادِينُكَ؟ فَيَقُولُ دِينِيَ الْإِسْلَامُ . فَيَقُولاَنِ لَهُ مَا هَذَا الرَّجُلُ الَّذِي بُعِثَ فِيكُمْ؟ . فَيَقُولُ هُوَ رَسُولُ اللهِ r . فَيَقُولاَنِ لَهُ وَمَا عِلْمُكَ؟ فَيَقُولُ قَرَأْتُ كِتَابَ اللهِ فَآمَنْتُ بِهِ وَصَدَّقْتُ. فَيُنَادِي مُنَادٍ فِي السَّمَاءِ أَنْ صَدَقَ عَبْدِي فَافْرِشُوهُ مِنْ الْجَنَّةِ وَأَلْبِسُوهُ مِنْ الْجَنَّةِ وَافْتَحُوا لَهُ بَابًا إِلَى الْجَنَّةِ . قَالَ: فَيَأْتِيهِ مِنْ رَوْحِهَا وَطِيبِهَا وَيُفْسَحُ لَهُ فِي قَبْرِهِ مَدَّ بَصَرِهِ . وَيَأْتِيهِ رَجُلٌ حَسَنُ الْوَجْهِ حَسَنُ الثِّيَابِ طَيِّبُ الرِّيحِ , فَيَقُولُ: أَبْشِرْ بِالَّذِي يَسُرُّكَ هَذَا يَوْمُكَ الَّذِي كُنْتَ تُوعَدُ فَيَقُولُ لَهُ : مَنْ أَنْتَ فَوَجْهُكَ الْوَجْهُ يَجِيءُ بِالْخَيْرِ ؟. فَيَقُولُ أَنَا عَمَلُكَ الصَّالِحُ ، فيقُولُ : رَبِّ أَقِمْ السَّاعَةَ حَتَّى أَرْجِعَ إِلَى أَهْلِي وَمَالِي )) [رواه أحمد، وأبو داود وصححه الألباني]

“Maka ruh orang tersebut dikembalikan ke dalam jasadnya, lalu datanglah dua malaikat, kemudian keduanya mendudukannya, dan bertanya:

Siapa Rabbmu? Ia menjawab; ‘Rabbku adalah Allah’. Keduanya bertanya lagi; ‘Apa agamamu? Agamaku Islam, jawabnya.

Siapa orang ini yang telah di utus ditengah-tengah kalian? Dia adalah Rasulallah. Apa dasarmu? Saya membaca di al-Qur’an maka saya beriman dengannya dan membenarkannya.

Setelah selesai, dan dia mampu menjawab semua pertanyaan tadi, maka terdengar suara dari langit, Sesungguhnya benar apa yang dikatakan oleh hambaKu, berilah ia kasur dari surga, pakaikan padanya pakaian dari surga, lalu bukakan baginya pintu menuju surga.

Kemudian datanglah bau surga serta keindahannya, dan diluaskan kuburnya sejauh mata memandang.

Lalu datanglah seorang laki-laki yang bagus rupanya, berpakaian indah dan berbau wangi dan mengatakan padanya; ‘Kabar gembira dengan segala yang menyenangkanmu, inilah hari yang telah dijanjikan padamu.

Ia bertanya pada orang tersebut; ‘Siapa kamu, duhai orang yang wajahnya membawa kebaikan?. Saya adalah amal salehmu, jawabnya.

Lantas ia berdo’a; ‘Ya Allah, segera tegakkan hari kiamat sampai kiranya saya bisa kembali pada keluarga dan hartaku”.

loading...
loading...

Tags: #Mungkar Nakir #Pertanyaan Malaikat #Tiket Surga