Hadiah Dari Abu Musa Asy’ari yang Membuat Umar bin Khattab Marah Besar

421 views

Khlaifah kedua adalah Umar Bin Khattab. Khalifah sang sangat ditakuti orang orang kafir Quraisy karena ketegasannya dalam memerangi kebatilan.

Ada kisah unik tentang khalifah yang pemberani ini. Pada suatu hari, Amirul Mukminin Umar bin Khattab pulang ke rumahnya. Dan Sesampainya di rumah, Nampak dan didapatinya kain sajadah yang panjangnya tidak lebih dari satu setengah meter.

Umar kemudian menanyakan perihal kain itu kepada istrinya, Atikah, “Dari mana kauperoleh kain itu?”

“Hadiah untuk kita dari Abu Musa Asy’ari,” ujarnya.

“Abu Musa? Panggil kemari!” suruh Umar.

Kemudian Abu Musa pun datang seperti yang hal yang di panggil oleh sang khalifah. Sementara hatinya sangat cemas.

Loading...

Setelah dekat, Abu Musa Asy’ari melihat sajadah Itu di tangan Umar serta tindak-tanduknya yang seakan hendak menerkamnya. Dan Abu Musa berusaha untuk mendahului pembicaraan.

Abu Musa pun berkata, “Janganlah Anda terburu-buru menyalahkan saya, hai Amirul Mukminin!”

Umar mendahuluinya dan memukulkan sajadah Itu ke kepalanya seraya berkata, “Apa yang mendorongmu untuk memberi kami hadiah? Ambil kembali, karena kami tidak membutuhkannya,”

Itulah kisah sebuah kemarahan Umar karena diberi hadiah (suap) oleh Abu Musa Asy’ari. Mungkin bagi sebagian para pejabat, itu sebuah hal biasa tapi tidak bagi sang khalifah Umar bin Khattab.

Dalam sebuah hadits, Nabi bersabda, “Allah melaknat penyuap, penerima suap, dan yang memberi peluang bagi mereka.” (HR Ahmad)

Tags: #Dapat Hadiah #Hadiah Sajadah #Umar Marah