Haid Tidak Teratur Bisa Hamil, Begini Caranya

402 views

Wanita yang haidnya tidak teratru memiliki kepanikan tersediri karenamerasa khawatir dengan kondisi kehamilan apakah ia bisa hamil atau tidak?

Namun jangan kahwatir karena wanita yang tidak teratur pun juga bisa haid hanya saja mungkin membutuhkan waktu yang lebih sedikit lama dari wanita yang haidnya normal.

Wanita yang teratur hadinya memiliki sekitar 11-13 priode hadi dalam satu tahunya, yang berarti ia memiliki kesempatan hingga 13 kali peluang hamil setiap tahunnya.

Bagi wanita yang tidak terakhir mungkin memiliki peluang lebih sedikit untuk hamil setiap tahun. Kondisi inilah yang membuat wanita syulit hami namun bukan berarti tidak bisa hamil.

Sekali lagi wanta yang haidnya idak teratur juga bisa hamil walau membutuhkan waktu yang sedikit lama.

Wanita yang Hainya Tidak Teratur Juga Bisa Hamil
Bagi wanita yang haidnya tidak teratur harus mengetahui penyebab tidak teratur haidnya dan mencari sulusi bagaimana cara memulihkan siklus haid yang lancar.

Loading...

Yang harus dilakukan pertama-tama apakah benar siklus haidnya tidak teratur. Menurut buku teks anatomi dan fisiologi, bagi wanita yang memiliki siklus hadi tertarur mulai dari priode 23 – 35 hari yang dapat diprediksi secara alami.

Hal ini berarti wanita yang memiliki siklus hadi teratur meskipun terkadang haid datang setiap 23 – 35 hari.

Kondisi lain, priode tidak teratur bisanya secara konsisten lebih pendek dari 21 hari ata lebih dari 36 hari, siklus haid anda tidak teratur apabila siklus haid anda bervariasi dan terbilang cukup signifikan dari siklus ke siklus. Ada yang berlangusng selama 28 hari, melonjak ke 40 hari dan 32.

Begini Caranya Agar Hamil, Meski Haid Tidak Teratur
Istri yang haidnya tidak teratu tetap bisa hamil jika melakukan beberapa cara yang dianjurkan dokter. Tapi sebelum itu menurut WebMD, terlebih dahulu istri harus periksa ke dokter.

Karena gejala haid tidak lancar bisa jadi karena gejala a PCOS (Polycystic Ovary Syndrome), serta membutuhkan penanganan husus apalagi jika ingin mengikuti program hamil.

Namun jika anda tidak terbukti terkena PCOS, maka dengan mengubah gaya hidup sehat akan sangat membantu kelancaran haid serta meningkatkan peluang kehailan dengan cara:

1. Makan Makanan yang Sehat dan Seimbang
Cobalah memilih masakan yang banyak biji-bijiannya, buang-buahanya dan sayuran dalam menu sehari-hari anda. Hindari makanan yang memiliki karbohidrat tinggi dan berlemak.

2. Menambah Berat Badan yang Sehat
Jika anda kelebihan makan cobalah untuk menurukannya dengan cara berdiet dan berolahraga, terutama jika menderita PCOS. Maka melakukan rutinitas demikian akan sangat membantu dan bermanfaat.

Berlakujuga bgai yang berat badannya kurang maka usahakan untuk menambah berat badan hingga beberapa kilogram. Lemak tubuh yang rendah yang menyebbabkan siklus hadi tidak teratur.

3. Mengkonsumsi Suplemen Kesuburan
Untuk wanita yang sedang mengikuti program hamil maka harus mengkonsumsi vitamin prenatal.

Cara ini dilakukan untuk memastikan mengkonsumsi nutrisi yangmemang dibutuhkan demi mempertahankan kehamilan yang sulit dan demi mendukung petumbuhan janin.

Lengkapi diet dengan suplemen penambah keseburan yang mengandung vitamin prenatal ternyata bisa mempengaruhi siklus hadi kembali normal.

4. Orahraga Teraktur dan Tidak Terlalu Berat
Salah satu kunci kesuburan adalah olah raga yang teratur, walau disis lain olah raga berat bisa berdampak kesuburan wanita.

Langkah yang sama pentingnya adalah menentukan masa subur disetiap siklus, ingatlah bahwa sperma harus menunggu di tuba faloopi Anda pada saat sel telur dilepaskan dari ovarium.

Sebab sperma hanya bertahan hingga lima hari di saluran reproduksi wanita, sangat penting bagi anda agar bisa memperkirakan kapan anda akan mengalami ovuliasi sehingga anda melakukan hubungan badan diwaktu yang tepat.

Hal yang Perlu Diketahui Bagi Orang yang Tidak Teratur Hamilnya
Bagi pasangan yang berjuang dengan infertilitas atau biasa disebut dengan kemandulan, ketahuilah bahwa penyebab stres tidak hanya hanya tentang infertilitas namun stres juga bisa mempengaruhi kesuburan.

Perasaan stres berkontribusi dengan masalah ovulasi, bagi kebanyakan orang semakin lama tidak hamil maka akan semakin stres.

Perasaan takut tentang ketidak suburuan bisa menyebabkan ketegangan pada pasangan dan juga mengurnagi peluang kehamilan.

Berikut ini beberapa tips mengurangi rasa stres yang kami kutip dari American Society of Reproductive Medicine;

  • Teruslah berkomunikasi dengan pasangan dan teruslah terbuka kepadanya
  • Datanglah ke konselor pasangan untuk mendapatkan dukungan emosiaonal, atau bacalah buku agar bisa mengatasinya.
  • Kurangi rasa stres
  • Sebisa mungkin hindari kafein dan yang sejenis
  • Sering-seringlah olahraga agar bisa melepaskan ketegangan emosional dan fisik
  • Anggarkan keuangan untuk perawatan medis
  • Cari tahu lebih banyak tentang penyebab infertilitas

[id.theasianparent.com]

Tags: #Cara Agar Bisa Hamil #Haid Tidak Teratur #Masih Bisa Hamil