Hati-hati Dengan 7 Keturunan Iblis dan Job-nya Ini

130 views

Setan adalah musuh yang nyata bagi manusia. Setan juga akan senantiasa menggoda umat manusia sampai mengikuti segala godaannya.

Dalam surat Yasin, Allah SWT berfirman:

 

أَلَمْ أَعْهَدْ إِلَيْكُمْ يَا بَنِي آدَمَ أَن لَّا تَعْبُدُوا الشَّيْطَانَ ۖ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ

“Bukankah aku telah memerintahkan kepadamu Hai Bani Adam supaya kamu tidak menyembah setan? Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagi kamu.” (QS Yasin: 60)

Loading...

Alquran juga menjelaskan bahwa iblis akan menggoda manusia kapan saja dan dari arah manapun.

“Iblis menjawab: Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus,

kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka, dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat).” (QS Al-A’raf: 16-17).

Manusia perlu  tahu tentang tipu daya setan, mengetahui siapa dan bagaimana mereka bekerja.

Syekh Abdurrauf al-Manawi mengutip pakar tafir terkemukan Imam Mujahid. Dijelaskan bahwa iblis memiliki keturunan dan tugas-tugas, adalah sebagai berikut;

Pertama, Al-Syabru
Iblis ini berurusan dengan semua macam cobaan pada manusia. Ia akan datang dan membuat manusia  galau dan tak sabar atas cobaan denga adanya cobaan.

Kedua, Al-Sauth
Kerja cucu iblis yang satu ini adalah pemberitaan. Tugasnya mengotori berita dengan penuh kedustaan. Maraknya kabar hoaks  merupakan ulah dari kesuksesan si Iblis Al-Sauth.

Ketiga, Al-Zalanbur
Tugas iblis ini adalah menggoda para pebisnis untuk melakukanpenipuan dan kecurangan saat bertransaksi. Segala tipu daya pedagang terhadap konsumennya  itulah tipu daya Al-Zalanabur.

Keempat, Al- A’war
Tugas iblis ini adalah tindakan asusila, cucu iblis inilah yang mengajak manusia untuk terjerumus dalam seks bebas.

Al-A’war mampu memberikan kenikmatan palsu pada wanita dan laki-laki yang berzinah.

Kelima, Al-Dasim
Iblis ini tugasnya adalah  menghancurkan keharmonisan rumah tangga. JIka sang suami memasuki rumah tanpa mengucapkan salam kepada keluarga yang ada di rumah atau tidak dalam kondisi berdizikir maka akan sangat mempengaruhi.

Keenam, Al-Khanzab
Tugas iblis ini memuat ulah dan mengganggu manusia dalam solat.  Ia mengganggu salatnya manusia agar malas shalat, melangar etika shalat, tidak khusyu dalam shalar dan gangguan lainnya.

Ketujuh, Al-Walhan
Iblis ini bertugas mengganggu urusan bersuci manusia. Manusia dibuat ragu dan was-was tiapkali berwudhu.  Bahkan, iblis ini mempengaruhi manusia untuk menggunakan air secara berlebihan.

Tags: #Keturunan Setan #Menggoga manusia #Setan dan Iblis