Hukum Ikut Giveaway Dalam Islam

403 views

Zaman sekarang sudah marak undian dan giveaway atau bagi-bagi hadiah di media sosial yang dilakukan oleh pengusaha, perusahaan, pedagang, atau pegiat sosmed.

Giveaway biasanya mensyaratkan orang yang ikut mematuhi aturan penyelenggara seperti sharing suatu produk, mengajak teman atau syarat-syarat lainnya.

Asal mematuhi syarat, peserta atau pemenang giveaway biasanya tidak dipungut biaya. Tapi bagai hukum giveaway itu dalam Islam?

Menurut Syaikh Dr. Khaalid al-Mushlih dalam makalahnya yang berjudul “Ahkaam al-Musaabaqaat fii al-Fiqh al-Islaamiy” hukumnya boleh asal peserta tidak diwajibkan membeli produk, jika penyelenggaranya adalah pemilik produk suatu brand.

Dan jika penyelenggaranya orang biasa, artis, selebgram, atau pegiat sosial media lainnya tidak mensyaratkan peserta untuk membayar dalam bentuk apa pun maka hukumnya tidak haram.

Intinya, seperti apa pun bentuk giveaway itu asal perserta ikut secara gratis untuk memperoleh hadiah maka hukumnya boleh, selama itu tidak bertentangan dengan aturan agama.

Loading...

Berikut penjelasan selengkapnya dari Dr. Khalid al-Mushlih:

حكم المسابقة التي فيها عمل من المشتري دون اشتراط الشراء من الشركة: تهدف هذه المسابقة إلى الترويج للسلعة التي تنتجها الشركة، واكتساب الشهرة، وهي جائزة شرعًا؛ لأن الترويج للسلعة، واكتساب الشهرة جائزان شرعًا، إذا ما روعيت فيهما الضوابط الشرعية من الصدق في التعريف بالسلعة؛ ولأنها لا تخرج عن كونها هدية لمن يجيب على الأسئلة المطروحة

“Perlombaan yang menuntut pembeli (partisipan) melakukan suatu aktivitas tanpa mempersyaratkan pembelian produk dari perusahaan, dimana perlombaan ini bertujuan untuk mempromosikan barang yang diproduksi oleh perusahaan itu, hukumnya boleh. Karena mempromosikan dan memperkenalkan produk adalah aktivitas yang diperbolehkan dalam agama selama berada dalam koridor ketentuan-ketentuan agama seperti jujur dalam mendeskripsikan produk. Selain itu, aktivitas itu tercakup dalam kategori memberikan hadiah yang diberikan kepada orang yang menjawab pertanyaan yang diberikan.”

loading...
loading...

Tags: #Giveaway Dalam Islam #Hukum Giveaway #Hukum Undian