Permalink to Hukum Istri Menggugat Cerai Suami Karena Impoten

Hukum Istri Menggugat Cerai Suami Karena Impoten

785 views

Seorang istri menceritakan usia pernikahannya yang sudah memasuki 4 tahun namun belum juga dikarunia anak.

Hal ini disebbakan oleh suaminya yang tidak memiliki daya seksual atau impoten.

Namun istri tersebut tidak menjelaskan penyakit impoten tersebut dialami mulai baru menikah atau ketika sudah menikah yang disebabkan oleh suatu hal sehingga tidak bisa menunaikan kewajibannya sebagai suami.

Jika penyakit tersebut dialami sebelum menikah dalam Fiqih Sunnah-nya Sayyid Sabiq telah dijelaskan hukum bahwa pernikahan bagi pemuda yang tida bisa atau tidak mampu menafkahi lahir dan batinnya. Karena laki-laki yang tidak memiliki nafsu haram hukumnya menikah dengan perempuan.

Al-Qurthubi berkata, ketika ada laki-laki yang mengetahui bahwa ia tidak menafkahi istrinya atau tidak bisa memenuhi haknya sebagai suami, maka ia tidak boleh menikah hingga ia menjelaskan dirinya kepada calon istrinya.

Ia wajib menerangkan keadaannya secara terang kepada perempuannya yang ingin dinikahi merasa tertipu.

Loading...

Akan tetapi jika penyakit sang suami terjadi setelah menikah maka tergantung sang istri apakah ingin mengguat cerai atau mau berusaha serta berikhtiar mencari solusi atas ksembuhan sang suami.

Maka komunikasikan dengan suami, katakan apa yang kamu rasakan tak perlu merasa malu apalgi ragu sebab nafkah batin juga merupakan hak seorang istri dan kewajiban suami.

Maka dukunglah serta bawa suami, beri ia motivtasi juga semangat untuk melakukan pengobatan hinggga sembuh hingga ia bisa melaksanakna kewajibannya lagi.

Apabila suami sudah di vonis terkena impoten permanen maka sebagai istri boleh menggugat cerai suami jika suami tidak mau menceraikan.

Pilihannya kembali pada istri apakah ingin tetap bersabar menerima kondisi suami atau ikhlas serta sabar menerima bahkan bisa jadi berpisah sert menikah lagi dengan laki-laki yang bisa memberikan keturunan. [ummi-online.com]

Tags: #Gugat Cerai #Hukum Menggugat Cerai