Hukum Memasak Daging yang Masih Ada Darahnya

2396 views

Ketika kita memasak daging biasanya darah dari daging tersebut tidak sepenuhnya bersih, lalu bagaimana hukumnya ketika kita mengolah daging namun darahnya masih tersisa?

Menurut KH Abdurrahman Nafis dalam buku Islam Sehari-Hari, tidak boleh dimakan daging hewan yang masih keluar darahnya karena masih nasjis. Alla berfirman:

لَّا أَجِدُ فِي مَا أُوحِيَ إِلَيَّ مُحَرَّمًا عَلَىٰ طَاعِمٍ يَطْعَمُهُ إِلَّا أَن يَكُونَ مَيْتَةً أَوْ دَمًا مَّسْفُوحًا أَوْ لَحْمَ خِنزِيرٍ فَإِنَّهُ رِجْسٌ أَوْ فِسْقًا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ

“ …tidak kudapati di dalam apa yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan memakannya bagi yang ingin memakannya, kecuali daging hewan yang mati (bangkai), darah yang mengalir, daging babi – karena semua itu kotor – atau hewan yang disembelih bukan atas (nama) Allah …” (QS. al-An’am: 145)

Diharamkan darah yang keluar dari daging binatang yang boleh dimakan, jika darahnya sampai mengalir. Baik itu dibekukan atau langsund digoreng.

Tapi jika sisa darah yang ada pada daging hanya sedikit (tidak sampai mengalir), maka boleh dimakan. Karena meski najis termasuk dalam najis yang dimaafkan.

Hal ini dijelaskan oleh Syekh Nawawi al-Jawi al-Bantany dalam kitab Nihayat az-Zein nomor 40:

Loading...

Dan adapun darah yang tersisa pada daging, tulang dan gajih dari hewan sembelihan maka itu najis yang dimaafkan. Demikian itu jika tidak bercampur dengan sesuatu, seperti jika kambing disembelih kemudian dipotong dagingnya dan tersisa bekas darah walaupun kuahnya berwarna dengan warna darah.”

Sebaiknya, jika ingin memasak atau menggoreng daging harus dibersihkan terlebih dahulu hinga benar-benar bersih dan suci.

Tapi jika repot dan tidak sempat, agar najisnya dimaafkan maka daging yang masih ada sisa darah sedikit tidak usah dicuci, langsung digiling (jika ingin membuat pentol) atau digoreng saja.

Karena kalau masih menyentuh air lalu tidak dicuci bersih, meski darahnya sedikit akan dihukumi najis.

Tags: #Daging Ada Darahnya #Daging Berdarah #Hukum Memasak Daging