Hukum Menuruti Kemauan Istri yang Sedang Ngidam

2766 views

Ketika istri hamil biasanya akan mengidam sesuatu yang kadang susah didapat, dan seakan memaksa suami memenuhinya.

Islam mengajurkan pasangan suami-istri untuk menyambut gembira kabar kehamilan. Suami juga harus memperlakukan baik istrinya saat hamil.

Kebahagiaan istri saat hamil sangat mempengaruhi tumbuh kembang janin yang dikandung.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa istri yang bahagia saat hamil akan melahirkan anak yang cerdas, jika sering emosi dan stres akan cendrung melahirkan bayi yang lemah.

Salah satu membahagikan istri hamil dengan cara menuruti apa yang diidamkan alias saat istri ngidam harus dituruti oleh suami.

Bahkan al-Qur’an menyebutkan bahwa kebahagiaan hati adalah hak istri yang sedang hamil, seperti yang terserut dalam ayat berikut ini:

Loading...
فَكُلِى وَٱشْرَبِى وَقَرِّى عَيْنًا

“Maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu.” (QS. Maryam: 26)

Pendapat serupa juga dikemukakan oleh Syaikh Sulaiman al-Jamal dalam karyanya yang berjudul Khasyiatul Bujairomi alal Khatib:

ينبغى أن يجب ما تطلبه المرأة عند ما يسمى بالوحم من نحو ما يسمى بالملوحة اذا اعتيد ذلك

“Sebaiknya suami menuruti selera perempuan hamil yang dikenal dengan ngidam (al-wahm) seperti halnya ketika menginginkan yang asam-asam sebagaimana yang menjadi adat kebiasaan.”

Dua dalil diatas seharusnya sudah menjadi penguat bagi suami untuk selalu mengusahakan apa yang diinginkan istri saat hamil.

Jangan marahi istri saat ngidam, tapi sebisa mungkin turuti kemauannya. Karena jika tidak dipenuhi akan berpengaruh pada kondisi psikologi istri hamil.

Tags: #Istri Ngidam #Keinginan Istri #Kemauan Istri