Hukum Menyambung Bulu Mata di Dalam Islam

3376 views

Ingin tampil cantik dan terlihat menarik didepan orang lain adalah naluri semua orang. Salah satunya adalah memiliki bulu mata yang lentik dan indah juga menawan.

Tak jarang wanita memilih mengabiskan waktu juga uang demi mendapatkan bulu mata yang lentik dan panjang.

Terlebih lagi pada jaman sekarang wanita berlomba-lomba menyambung bulu mata atau yang biasa dikenal dengan eyelash extension.

Perawatan yang bertujuan untuk mempertebal bulu mata, memperpanjang serta memperlentik yang disebut dengan eyelash extension.

Perawatan ini dengan cara memasangkan bulu mata satu persatu yang menggunakan lem khusus bulu mata.

Dengan melakukan perawatan ini maka mata kita akan lebih menawan dan akan lebih indah. Akan tetapi apakah hal tersebut tidak menimbulkan efek samping?

Loading...

Ternyata, perawatan ini tidak selamanya baik, meski terlihat indah di awal akan tetapi justru menimbulkan resiko seperti iritasi, bulu mata rontok dan alergi hingga bisa jadi akan membengkak dan menimbulkan kerusakan pada kulit kelopak mata.

Serta didalam agama islam sangat dilarang wanita menggunakan bulu mata palsu. Rasulullah SAW bersabda:

لَعَنَ اللهُ الْوَاصِلَةَ وَالْمُسْتَوْصِلَةَ

“Allah melaknat Al-washilah (orang yang menyambung rambut) dan Al-mustaushilah (orang yang minta disambungkan rambutnya).” (HR. Bukhori dan Muslim)

Imam Nawawi menjelaskan Dalam Syarh Shahih Muslim, hadis di atas dengan mengatakan bahwa,

“al-Washilah adalah orang yang berprofesi menyambung rambut seorang wanita dengan rambut lainnya. Sedangkan al-Mustaushilah adalah wanita yang meminta orang lain menyambungkan rambutnya.

Hadiys ini secara tegas menunjukkan haramnya menyambung rambut, dan laknat bagi wanita yang berprofesi menyambung rambut dan konsumen yang disambung rambutnya secara mutlak. Inilah pendapat yang paling kuat.”

Dari hadis dan penjelasan diatas menerangkan bahwa hukum menyambung bulu mata atau yang disebut dengan tanam bulu mata sangat dilarang dan hukumnya adalah haram.

Dari segi mana pun menyambung bulu mata atau taman bulu mata sangatlah tidak dianjukrna karena bisa jadi akan menimbulkan efek samping jika pemakaiannya berkelanjutan.

Hal ini termasuk membahayakan diri sendiri juga sangat dilarang oleh syariat Islam. [bincangsyariah.com]

Tags: #Hukum Menyambung Bulu Mata #Hukum Tanam Bulu Mata