Hukum Muslimah Menggunakan Make Up Ketika Sholat

429 views

Memakai Make up adalah hal keniscayaan bagi seorang muslimah. Aturan memakai kosmetika muslimah sudah sangat tahu bagaimana kaidahnya.

Lantas bagaimana jika memakai kosmetik ketika beribadah? Artinys setelah berwudhu make up masih menempel di wajah?

Sekarang ini, banyak macam kosmetik yang beredar mewarnai kebutuhan wanita. Kosmetik yang lagi ngetren saat ini adalah kosmetika waterproof atau tahan air. Kosmetik yang tidak mudah luntur.

Saat muslimah berwudhu, banyak wanita malas menghapus kosmetiknya terlebih dahulu. Bahkan tak sedikit muslimah justru sengaja tidak salat disebabkan tidak ingin menghapus make up_nya.

Syarat sahnya wudhu adalah sampainya air ke kulit. Jika dihalangi oleh sesuatu sehingga air tak sampai ke kulit anggota wudhu maka ibadah wudhu’nya tidak sah.

Ada riwayat dari sebahagian sahabat Nabi bahwasanya; Rasulullah pernah melihat seorang lelaki salat namun pada punggung kakinya terdapat kilatan sebesar mata uang dirham yang tidak tersentuh air (wudhu). Lalu Rasul menyuruhnya untuk mengulangi wudhu dan salatnya. (HR. Abu Daud:175).

Loading...

Kesimpulan dari Dari hadis di atas adalah bahwa tidak sah salatnya seorang wanita jika memakai make up saat berwudhu. Yang palung tepat adalah hapus dulu make up jenis waterproof itu agar air wudhu bisa sampai ke kulit.

Dan jika menggunakan make up seusai berwudhu maka hukumnya adalah sah. Dan make up tak akan menjadi masalah jika dipakai setelah berwudhu dan make up bersih dari zat-zat yang najis.

Dan muslimah harus teliti dalam mencari make up jangan sampai menggunakan make up atau kosmetik yang terbuat dari barang haram.

Tags: #Kosmetik Muslimah #Make Up Muslimah #Muslimah Berwudhu