Hukum Nadzar Dengan Perkara Maksiat

90 views

Dalam sebuah kasus ada seseorang yang bernazar jika do’anya terkabul akan melakukan sesuatu hsebuah kemaksiatan.

Yang menjadi masalah adalah apakah nazar itu harus ditunaikan sedangkan isi nazar itu adalah perbuatan maksiat?

Maksiat adalh perbuatan membangkan dengan yang diperintahkan oleh Allah. Perbuatan maksiat ini dilarang oleh syariat.

Jadi dalam masalah nazar ini tidak boleh membayar nazar atau menunaikan nazar itu jika ujungnya bermaksiat kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Ulama menjelaskan seperti dalam kitab Bidayatul Mujtahid, Imam Malik, Imam Syafi’i dan sebagian besar ulama yang lain menjelaskan kalau nadzar yang berisi  maksiat maka tidak wajib dilaksanakan.

Tapi juga terjadi perbedaan pendapat ulama seperti Imam Abu Hanifah (Hanafi), sufyan, dan ulama-ulama kufah, mengatakan nazar tetap wajib dilaksanakan atau ditunaikan.

Loading...

Dan yang maksud dengan harus  ditunaikan adalah wajib membayar kafaratnya (tebusan) atas pelanggaran sumpah, bukan wajib melaksanakan maksiat yang dinazarkan.

Berdasarkan kesepakatan para ulama nadzar akan melakukan sebuah maksiat tidak boleh dilaksanakan atau tak usah ditunaikan.

Dalam hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Barangsiapa bernadzar durhaka kepada Allah , hendaknya ia jangan durhaka kepada-Nya”( HR Bukhari)

So, dua pendapat tentang nazar akan melakukan maksiat terdapat dua  pendapat pertama  tidak harus dilaksanakan dan tidak harus membayar kaffarat, inilah pendapat  Imam Malik, Imam Syafi’i, dan sebagian besar ulama lain.

Pendapat kedua, tetap wajib dilaksanakan namun diganti dengan kafarat saja, dan kafaratnya sama dengan kafarat sumpah.

Pendapat yang kedua inilah yang dipegang oleh Imam Abu hanifah, sufyan, dan ulama-ulama kufah.

Inilah dalil dari pendapat kedua, redaksi hadits dari Imran bin hashin “Tidak ada nadzar sama sekali untuk berbuat maksiat kepada Allah. Kafaratnya ialah seperti kafarat sumpah” (HR Muslim).

Maka jangan bernazar dengan perkara yang macem-macem apalagi perkara yang bertentangan dengan syariat Islam.

loading...
loading...

Tags: #Hukum Nazar #Nazar Maksiat