Hukum Tinggalkan Sholat Jum’at Tiga Kali Berturut-turut

245 views


Solat Jumat hukumnya wajib bagi umat muslim sebagai pengganti dari solat dhuhur. Namun masih saja banyak kaum muslimin yang melalaikannya. Bahkan banyak yang sengaja melaksanakan solat dhuhur. Lantas bagaimana status muslim yang tidak solat jumat?

Dalam subuah hadits NAbi SAW bersabda diriwayatkan oleh Abul Ja’di Adh-Dhamri:

مَنْ تَرَكَ ثَلَاثَ جُمَعٍ تَهَاوُنًا بِهَا، طَبَعَ اللَّهُ عَلَى قَلْبِهِ

“Barang siapa yang meninggalkan shalat Jum’at sebanyak tiga kali karena mengampangkannya, maka Allah akan menutup hatinya.” [HR. Abu Dawud]

Kitab “Syu’abul Iman” dengan dengan untaian lafadz menerangkan: “Dia telah membuang Islam ke belakang punggungnya.” Mengenai hadits di atas itu dijelaskan bahwa ancaman dari Nabi tertuju pada orang-orang yang meninggalkan shalat Jumat sebanyak tiga kali secara terus-menerus tanpa adanya alasan udur syar’idan ada kesan meremehkan pada Syari’at.

Dan Menurut imam Ath-Thibi, Membahas kata “mengampangkan” maksudnya merendahkan. Kalau menurut Imam Ibnu Abdul Malik, arti kata menyepelekan tidak ada alasan yang dibenarkan syari’at. [kitab Aunul Ma’bud Syarh Sunan Abu Dawud : 3/265)

Penjelasan di atas juga diperkuat oleh riwayat lain dari Abu Hurairah, Nabi bersabda :

Loading...
مَنْ تَرَكَ ثَلَاثَ جُمَعٍ مُتَوَالِيَاتٍ مِنْ غَيْرِ عُذْرٍ طَبَعَ اللَّهُ عَلَى قَلْبِهِ

“Barang siapa yang meninggalkan shalat Jumat tiga kali berturut-turut tanpa ada alasan yang dibenarkan syari’at, maka Allah akan menutup hatinya.” [HR. Abu Dawud Ath-Thayalisi : 2557].

Semua riwayat hadits yang mengancam muslimin yang meninggalkan jumat 3 kali harus dibatasi yakni karena merendahkan dan tanpa udur yang dibenarkan syarak.

mam Al-Mubarakfuri dalam kitabnya “Mar’atul Mafatih” (4/446) menyatakan :

فينبغي أن تحمل الأحاديث المطلقة على هذا الحديث المقيد بالتهاون، وكذلك تحمل الأحاديث المطلقة على المقيدة بعدم العذر

“Sepatutnya hadits yang mengancam dan sifatnya umum harus di rujuk kepada hadits yang dibatasi; meremehkan pada kewajiban solat dan tidak ada alasan yang diterima syarak.”

Dan bagi mereka yang tidak solat jumat karena adanya alasan syarak walaupun sudah 3 kali terus menerus maka tidak termasuk dalam katagori hadits-hadits di atas.

Tags: #Ancaman Allah #Solat Jumat #Tinggalkan Jumat