Ibu Rumah Tangga Gampang Meraih Surga, Jika Lakukan Tips Ini

2009 views

Menjadi ibu rumah tangga membutuhkan skil tersendiri, sehingga apapun yang dilakukan bernilai ibadah. Meski terlihat mudah namun sangat menantang untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai ibu rumah tangga Insya Allah sangat mudah untuk meraih surga Allah dengan aktivitas yang dilakukan setiap harinya.

Berikut ini beberapa cara untuk menjadi ibu rumah tangga yang bisa membawa kita pada keridhoan dan surga Allah.

1. Shalat 5 Waktu di Rumah
Walau tidak ada larangan bagi wanita untuk melaksanakan shalat di masjid, akan tetapi shalat terbaik bagi para muslimah adalah di kamarnya atau di rumahnya sendiri.

“Shalatnya salah seorang di makhda’-nya (kamar khusus yang digunakan untuk menyimpan barang berharga) lebih utama daripada shalatnya di kamarnya. Dan shalatnya di kamar lebih utama daripada shalatnya di rumahnya. Dan shalatnya di rumahnya lebih utama daripada shalatnya di masjid kaumnya. Dan shalatnya di masjid kaumnya lebih utama daripada shalatnya bersamaku.” (HR. Ahmad, Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban dalam Shahih keduanya. Dihasankan oleh Asy-Syaikh Al-Albani dalam Jilbab Al-Mar’ah Al-Muslimah, hal. 155)

Benarkah wanita yang menjalankan shalat 5 waktu di dalam kamar sendirian bisa membawa wanita ke surga Allah? Rasulullah SAW bersabda:

Loading...

“Apabila seorang wanita (istri) itu telah melakukan shalat lima waktu, puasa bulan Ramadhan, menjaga harga dirinya dan mentaati perintah suaminya, maka ia diundang di akhirat supaya masuk surga berdasarkan pintunya mana yang ia suka (sesuai pilihannya),” (HR. Ahmad, Ibnu Hibban dan Thabrani).

2. Tidak Gampang Mengeluh
Anak bandel dan kondisi ekonomi di keluarga semakin seret, sementara pendapat suami cuma segitu-gitu aja, istri mana yang tak gampang emosi?

Tapi tahukah anda wahai istri, jika kau bisa menyembunyikan keluhanmu itu maka pahalnya besar sekali, sebagaimana sabda Nabi berikut ini:

“Ada tiga hal yang termasuk pusaka kebajikan, yaitu merahasiakan keluhan, merahasiakan musibah dan merahasiakan sodaqoh (yang kita keluarkan).” (HR. Ath-Thabrani)

3. Jangan Kepo Berlebihan
Sebagai ibu rumah tangga sangat rawan untuk mengetahui keburukan orang lain terutama tetangganya, hal ini akan semakin parah dengan sifat kepo atau rasa ingin tahu yang terlalu tinggi. Biasanya wanita memiliki sifat ini.

“Tidak akan masuk surga orang yang suka mencuri post (suka mendengar-dengar post rahasia orang lain).” (HR. Bukhari)

Itulah kenapa ibu rumah tangga yang tidak gemar gosip itu bisa mendapat pahala besar, karena memang tantangannya besar juga.

4. Ikhlas Mengurus Anak
Memiliki buah hati memang memiliki tantangkan stres tersendiri, apalagi jika anak rewel, bisa membuat orang tua seringkali mengelus dada.

Cara agar kita tidak mengeluh mengurus anak adalah dengan ingat bahwa pahala yang akan kita dapat dari mengurus anak sangatlah besar di dunia maupun diakhirat nanti.

“Barangsiapa yang mengayomi dua anak perempuan hingga dewasa maka ia akan datang pada hari kiamat bersamaku” (Anas bin Malik berkata : Nabi menggabungkan jari-jari jemari beliau). (HR Muslim 2631)

5. Melayani Suami Sepenuh Hati
Menjadi ibu rumah tangga jauh lebih sulit ketimbang harus berkarir di luar rumah. Itulah kenapa ibu rumah peluangnya lebih besar untuk mendapatkan surga di akhirat nanti.

Sebagai istri harus melayani suami dengan sangat baik, sebelum suami berangkat dan setelah pulang bekerja istri harus benar-benar memenuhi kebutuhan suami dan harus pasang wajah ceria dihadapan suami.

Karena ridho suami akan membawa kita pada keridhoan Allah sehingga akan mudah mendapatkan surga-Nya. Insya Allah

Demikianlah lima tips yang bisa dilakukan oleh seorang istri selaku ibu rumah tangga jika ingin mendapat ridho Allah dan mendapat surga-Nya di hari pembalasan nanti. [ummi-online.com]

Tags: #Ibu Rumah Tangga #Meraih Surga