Imbalan Bagi Orang yang Tidak Bisa Menjawab Pertanyaan Mungkar Nakir

528 views

Semua manusia pasti akan mati. Di dalam kubur akan ada dua malaikat yang akan memberi pertanyaan. Lalu datanglah ke dalam kubur.

Namun apabila tidak mampu menjawab dari pertanyaan kedua malaikat mungkar nakir maka Allah segera memberitahu kegagalannya, dan ia diberi empat hal;

Pertama: Pakaian dari neraka.

Kedua: Pintu Ke Neraka
Dari kuburnya Dibuka pintu menuju neraka, dan akan panas dan hawa neraka masuk ke dalam kuburnya.

Ketiga: Sempit Kubur
Dipersempit ukuran kuburnya, hingga meremuk tulang-belualngnya.

Keempat: Tiket Neraka
Akan mendapatkan Kabar buruk dan ia didalam kuburnya, dia akan mendapatkan setempel calon penghuni neraka.

Loading...

Dalam haditsnya Baraa’ bin Azib radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan: “Bahwa Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda tentang orang kafir apabila telah dipendam dalam kuburnya. Beliau bersabda:

فَقَالَ النَّبِيَّ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَمَ : ((فَتُعَادُ رُوحُهُ فِي جَسَدِهِ ، وَيَأْتِيهِ مَلَكَانِ فَيُجْلِسَانِهِ . فَيَقُولاَ نِ لَهُ مَنْ رَبُّكَ؟. فَيَقُولُ هَاهْ هَاهْ لاَ أَدْرِي. فَيَقُولاَنِ لَهُ مَا دِينُكَ؟. فَيَقُولُ هَاهْ هَاهْ لَا أَدْرِي. فَيَقُولاَنِ لَهُ مَا هَذَا الرَّجُلُ الَّذِي بُعِثَ فِيكُمْ؟. فَيَقُولُ هَاهْ هَاهْ لَا أَدْرِي. فَيُنَادِي مُنَادٍ مِنْ السَّمَاءِ أَنْ كَذَبَ فَافْرِشُوا لَهُ مِنْ النَّارِ وَافْتَحُوا لَهُ بَابًا إِلَى النَّارِ. فَيَأْتِيهِ مِنْ حَرِّهَا وَسَمُومِهَا وَيُضَيَّقُ عَلَيْهِ قَبْرُهُ حَتَّى تَخْتَلِفَ فِيهِ أَضْلَاعُهُ. وَيَأْتِيهِ رَجُلٌ قَبِيحُ الْوَجْهِ قَبِيحُ الثِّيَابِ مُنْتِنُ الرِّيحِ .فَيَقُولُ أَبْشِرْ بِالَّذِي يَسُوءُكَ هَذَا يَوْمُكَ الَّذِي كُنْتَ تُوعَدُ .فَيَقُولُ مَنْ أَنْتَ فَوَجْهُكَ الْوَجْهُ يَجِيءُ بِالشَّرِّ ؟ فَيَقُولُ أَنَا عَمَلُكَ الْخَبِيثُ. فَيَقُولُ رَبِّ لَا تُقِمِ السَّاعَةَ )) [ رواه أحمد، وأبو داود، وصححه الألباني]

“Lalu setelah itu, ruhnya di kembalikan ke dalam tubuhnya. Datanglah dua malaikat, lantas mendudukkannya, dan bertanya: “Siapa Rabbmu?

Dia menjawab: “Hah..hah saya tidak tahu”. Keduanya bertanya lagi: “Apa agamamu? Dia masih menjawa: ” Hah..hah saya tidak tahu”.

Siapa laki-laki ini yang telah diutus di antara kalian? Hah..hah saya tidak tahu, jawabnya.

Maka terdengar suara dari langit, sungguh dusta apa yang ia ucapkan, berilah dia kasur dari neraka, bukakan untuknya pintu neraka.

Lalu merembaslah hawa, bau dan panasnya neraka ke dalam kuburnya. Kuburnya menjadi sempit sehingga tulang belulangnya menjadi remuk.

Dalam keadaan seperti itu, datanglah seorang laki-laki yang berwajah buruk, pakaiannya jelek, dan baunya busuk, sembari mengatakan: ‘Kabar untukmu yang telah berbuat buruk, inilah hari yang dulu pernah dijanjikan padamu”.

Siapa kamu, wajahmu mendatangkan keburukan? Tanyanya. Sayalah amalan burukmu, jawab orang tersebut. Maka iapun berdo’a: ‘Ya Allah, tangguhkanlah kiamat itu”. (HR.Ahamd dan Abu Daud dan mensohehkan Albani)

Semoga kita semua bisa menjawab semua pertanyaan dua malaikat mungkar nakir dengan sempurna.

Tags: #Alam Kubur #Mungkar Nakir #Siksa Kubur