Ingin Tahu Manusia yang Buta Mata Hatinya, Ini Tandanya

123 views

Dalam istilah syar’i mata hati  disebut dengan Bashirah. Di dalam Alqur’an terdapat banyak kata tentang ‘bashirah’.

Di antaranya adalah dalam Surah Al-Isra’ [17] ayat 72 disebutkan: “Dan barangsiapa yang buta (a’maa) di dunia, niscaya di akhirat (nanti) ia akan lebih buta dan lebih tersesat jalannya” .

Syeikh Ibnu ‘Athoillah As-Sakandariy Dalam Kitab Al-Hikam menjelaskan tentang tanda manusia yang buta mata hatinya.

Dalam satu ayat, Allah Ta’ala berfirman:

 

Loading...

خَتَمَ اللَّهُ عَلَىٰ قُلُوبِهِمْ وَعَلَىٰ سَمْعِهِمْ وَعَلَىٰ أَبْصَارِهِمْ غِشَاوَةٌ وَلَهُمْ عَذَابٌ عَظِيمٌ

Allah telah mengunci-mati qalb-qalb mereka dan telinga-telinga mereka, dan bashirah-basirah mereka ditutup. Dan bagi mereka siksa yang amat berat. (Al-Baqarah: 6)

Syeikh Ibnu ‘Athoillah mengatakan, walaupun seorang hamba melihat hingga ke ujung dunia atau menembus langit, tapi masih bingung dengan kehidupan, maka itu adalah tanda bashirah kita masih tertutup.

Bashirah bukan untuk melihat di luar diri, tapi kebenaran hakikat yan sejati. Seorang hamba yang disibukkan denga hal yang sudah dijamin Allah, dan lalai apa yang diperintahkan Allah, itulah tanda orang yang buta hatinya.

Allah Ta’ala berfirman yang artinya:

 

وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلَاةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا ۖ لَا نَسْأَلُكَ رِزْقًا ۖ نَّحْنُ نَرْزُقُكَ ۗ وَالْعَاقِبَةُ لِلتَّقْوَىٰ

“Dan perintahkanlah keluargamu melaksanakan salat dan sabar dalam mengerjakannya.

Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik di akhirat) adalah bagi orang yang bertakwa.” (QS. Thaha: 132).

Dalam sebuah hadits Qudsi yang kurang lebih artinya: “Hambaku, taatilah semua perintah-Ku, dan jangan memberi tahu kepada-Ku apa yang baik bagimu, (jangan mengajari kepada-Ku apa yang menjadi kebutuhanmu).”

Seorang ulama alim Syeikh Ibrahim al-Khawwas berkata: “Jangan memaksa diri untuk mencapai apa yang telah dijamin dan jangan menyia-nyiakan (mengabaikan) apa yang diamanatkan kepadamu.”

Jadi siapapun yang berusaha mencapai hal-hal  yang sudah dijamin dan lalai dengan kewajibannya, maka mata hati orang itu telah buta.

Tags: #Buta Hati #Hati BUta #Mata Hati