Ini 2 Versi Keterangan Asal-usul Ya’juj dan Ma’juj

782 views

Dua nama yang sudah tak asing bagi kaum muslim yaitu Ya’juj dan Ma’juj. Banyak kontroversi tentang siapa dua makhluk Alla ini. Ada yang mengatakan adalah dua malaikat dan juga yang mengatakan dua makhluk Allah yang akan menjadi tanda kiamat qubro.

Terlepas dari kontroversi diatas, ayo kita ketahui asal usul dua makhluk ini.

Termasuk Keturunan Adam, bukan Hawa.
Biasanya orang lahir dari sebuah perkawinan tapi beda dengan Ya’juj dan Ma’juj. Kedua makhluk ini tidak dengan sebab perkawinan.

Ya’juj dan Ma’juj adalah titisan Adam, sewaktu Adam mengalami mimpi basah dan air maninya bercampur tanah. Dan dari itulah Allah ciptakan Ya’juj dan Ma’juj. Penjelasan ini ada pada fatwa Imam Nawawi rahimahullah (Fatawa Al-Imam An-Nawawi) yang dikenal dengan kitab Al-Wasail Al-Mantsuroh, halaman 116 – 117.

Dalam Fathul Bari Ibnu Hajar menisbatkan keterangan ini juga kepada Imam Nawawi rahimahullah. Beliau memberikan keterangan,

ووقع في فتاوى محيي الددين

Penjelasan ini terdapat dalam fatwanya Muhyid Din Imam Nawawi. (Fathul Bari, 13/108)

Loading...

Keturunan Yafits bin Nuh.
Nabi mempunyai anak yang bernama Yafits. Dan Yafits bin Nuh adalah moyang dari bangsa Turuk. (An-Nihayah fil Fitan wal Malaahim 1/153. Tahqiq : Dr. Thoha Zaini)

Kecenderungan pendapat yang tepat dan sohih adalah pendapat yang kedua ini, wallahua’lam bis showab. Menganpa demikian karena pendapat pertama tak ada satupun riwayat shahih yang mengarah pada kesohihan keterangan tersebut.

Imam Ibnu Katsir rahimahullah,

وهذا مما لا دليل عليه ولم يرد عمن يجب قبول قوله

Pernyataan yang menjelaskan bahwa Ya’juj dan Ma’juj berasal dari campuran tanah dan air mani Adam, adalah pernyataan yang tidak berdalil. Dan tak ditemukan dalam riwayat dari seorang yang wajib diterima ucapannya (Nabi shallallahu’alaihi wa sallam). (An-Nihayah fil Fitan wal Malaahim 1/152-153)

Alhasil dari keterangan bahwa, Ya’juj dan Ma’juj adalah dua mmakhluk Allah yang merupakan anak keturunan Adam dan Hawa, tepatnya adalah moyang mereka adalah Yafits bin Nuh.

Ada sebuah Dalil yang menunjukkan mereka makhluk dari bangsa manusia, adalah hadis dari sahabat Abu Sa’id Al-Khudriyi –radhiyallahu’anhu-, dari Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

يَقُولُ اللهُ تَعَالَى: يَا آدَمُ. فَيَقُولُ: لَبَّيْكَ وَسَعْدَيْكَ وَالْخَيْرُ فِي يَدَيْكَ. فَيَقُولُ: أَخْرِجْ بَعْثَ النَّارِ. قَالَ: وَمَا بَعْثُ النَّارِ؟ قَالَ: مِنْ كُلِّ أَلْفٍ تِسْعَ مِائَةٍ وَتِسْعَةً وَتِسْعِينَ فَعِنْدَهُ يَشِيبُ الصَّغِيرُ وَتَضَعُ كُلُّ ذَاتِ حَمْلٍ حَمْلَهَا وَتَرَى النَّاسَ سُكَارَى وَمَا هُمْ بِسُكَارَى وَلَكِنَّ عَذَابَ اللَّهِ شَدِيدٌ ﭼ. قَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ وَأَيُّنَا ذَلِكَ الْوَاحِدُ؟ قَالَ: أَبْشِرُوا فَإِنَّ مِنْكُمْ رَجُلًا وَمِنْ يَأْجُوجَ وَمَأْجُوجَ أَلْفًا …

Allah ta’ala berfirman kepada Adam, “Ya Adam…”
Maka Adam menjawab, “Labbaikka wa sa’daika wal khairu fi yadaika (Aku sambut panggilan-MUdengan senang hati dan kebaikan semuanya di tanganMu).”
Kemudian Allah berfirman ,“Keluarkan utusan penghuni neraka.”
“Apa itu utusan penghuni neraka?” tanya Adam.
“Dari setiap seribu anak keturunanmu, sembilan ratus sembilan puluh sembilan orang!” Jawab Allah ta’ala.
Pada saat itu anak kecil beruban, wanita-wanita yang hamil melahirkan janin yang ada di dalam kandungannya, dan kamu lihat orang-orang seakan pada mabuk semua padahal sebenarnya mereka tidak mabuk melainkan karena saking dahsyatnya azab Allah bagi mereka.
“Siapa satu yang selamat dari kita itu ya Rasulullah?” tanya heran para sahabat.
Rasulullah menjawab, “Bergembiralah, sesungguhnya penghuni neraka itu dari kalian satu dan dari Ya’juj dan Ma’juj seribu….” (HR. Bukhari dengan Fathul Bari, juz 6 hal. 382)

Tags: #Dua Makhluk #Keturunan Nabi #Ya’juj Ma’juj