Ini Cara Minum Rasulullah SAW yang Harus Kita Teladani

206 views

Segala aktifitas Nabi adalah merupakan teladan bagi ummatnya baik saat beliau tidur maupun dalam terjaga.

Dalam hal ini Nabi mengajarkan kita ketika dalam keadaan minum. Dalam sebuah hadits di kisahkan.

“Sesungguhnya Rasulullah SAW apabila minum air zamzam beliau meminumnya sambil berdiri.

Selain air zamzam, beliau memerintahkan agar minum dengan posisi duduk. Beliau SAWjuga menarik nafas (di luar wadah) tiga kali apabila beliau minum.

Kata beliau: “Cara seperti ini lebih menyenangkan dan menimbulkan kepuasan”. (Dari Anas bin Malik RA)

Minuman yang paling disukai Rasulullah SAW adalah minuman manis yang dingin. Anas bin Malik RA memperlihatkan kepada kami tempat minuman yang terbuat dari kayu. Tempat minuman itu tebal dan dililit dengan besi.

Loading...

Kemudian Anas RA menerangkan: “Wahai Tsabit! Inilah tempat minum Rasulullah SAW.”

“Sungguh ke dalam cangkir ini telah kutuangkan berbagai minuman untuk Rasulullah SAW baik itu air, nabidz, madu ataupun susu”. (Anas bin Malik RA)

Nabidz adalah minuman yang biasa di konsumsi Nabi. Nabidz adalah air kurma; beberapa biji kurma dimasukkan ke dalam air kemudian dibiarkan (semalam) sampai airnya terasa manis.

Doa Rasulullah Sebelum dan Sesudah Makan

Pada suatu hari, kami berada di rumah Rasulullah SAW, maka Beliau menyuguhkan suatu makanan.

Aku tidak mengetahui makanan yang paling besar berkahnya pada saat kami mulai makan dan tidak sedikit berkahnya di akhir kami makan.

Abu Ayub bertanya: “Wahai Rasulullah, bagaimanakah caranya hal ini bisa terjadi?”

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya kami membaca nama Allah waktu akan makan, kemudian duduklah seseorang yang makan tanpa menyebut nama Allah, maka makannya disertai setan.” (Bersumber dari Abu Ayub Al-Anshari RA)

Rasulullah SAW bersabda: “Bila salah seorang dari kalian makan, tapi lupa menyebut nama Allah atas makanan itu, maka hendaklah ia membaca: “Bismillahi Awwalahu wa Akhirahu” (Dengan nama Allah pada awal dan akhirnya). (Dari Ummu Kultsum yang bersumber dari Sayyidah Aisyah RA)

Ummu Kultsum binti ‘Uqbah bin Abi Mu’’ith Al Umawiyah adalah salah seorang sahabat Rasulullah SAW dan ia merupakan saudara seibu Utsman bin Affan RA.

“Apabila Rasulullah SAW selesai makan, maka Beliau membaca: “Alhamdulillahil Ladzi Ath’amana wa Saqona wa Ja’alana Muslimin”

(Segala puji bagi Allah yang memberi makan kepada kami, memberi minum kepada kami dan menjadikan kami orang-orang Islam). (Bersumber dari Abu Sa’id Al khudri RA)

Ketika  Rasulullah SAW telah mengangkat hidangan dari hadapannya, maka beliau membaca:

“Alhamdulillahi Hamdan Katsiran Thayyiban Mubarakan Fihi, Ghaira Muwadda’iw wa La Mustaghnan ‘anhu Robbana”

(segala puji bagi Allah, pujian yang banyak tiada terhingga. Pujian yang baik lagi berkah padanya pujian yang tidak pernah berhenti.

Dan pujian yang tidak akan mampu lisan menuturkannya, Ya Allah Rabbal ‘Alamin).

Kita adalah ummatnya maka sepatutnya kita mengikuti apa yang sudah dilakukan Nabi dalam setiap aktifitasnya sehari-hari.

Tags: #Cara Nabi #Minum Nabi #Teladan Nabi