Ini Dosa Tabarruj (Bersolek) yang Sering Diremehkan Para Wanita

1248 views

Wanita yang mempunyai iman pada Allah adalah mutiara yang tersimpan dambaan semuah orang. Ia akan senantiasa terjaga dari perbuatan hina dan perbuatan naif.

Wanita di wajibkan mengenakan hijab syar’i yang menambah dirinya semakin sopan, anggun, bersih dan suci. Hijab akan menghalanginya dari gangguan berperilaku tak senonoh yang selalu mengintainya.

Seorang wanita yang meremehkan syariat Allah ini, berarti telah melakukan dosa besar berkaitan dengan hak dirinya maupun hak masyarakat di daerahnya.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu-anhu diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasullullah shallauhu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Dua golongan penghuni neraka yang belum pernah aku lihat (yaitu) suatu kaum yang membawa cemeti seperti ekor sapi, di mana dengan cemeti tersebut, dia memukuli manusia:

dan para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berjalan berlenggak lenggok, dan kepala mereka seperti punuk unta yang berlenggak-lenggok. Mereka tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya. Padahal baunya dapat terium dari jarak perjalanan sekian dan sekian,”

Tabarruj atau pamer make up dan kecantikan yang glamur adalah perbuatan jahiliyah. Maka dengan demikian tingkah tabarruj adalah perbuatan buruk.

Loading...

Allah SWT Berfirman :

 

وَقَرْنَ فِى بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ ٱلْجَٰهِلِيَّةِ ٱلْأُولَىٰ ۖ وَأَقِمْنَ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتِينَ ٱلزَّكَوٰةَ وَأَطِعْنَ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥٓ ۚ إِنَّمَا يُرِيدُ ٱللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنكُمُ ٱلرِّجْسَ أَهْلَ ٱلْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا

dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya (Al-Ahzab:33),

Dari Aisyah Radhiyallahu-anhu diriwayatkan bahwa ia berkata,”Semoga Allah merahmati wanita-wanita kaum Muhajirin yang pertama. Pasalnya ketika turun firman Allah,”Dan hendaklah mereka menutup kain kudung ke dada mereka…'(An-Nur:31), maka mereka yang merobek kain korden—dalam riwayat lain disebutkan. “kain yang tebal–kemudian mereka menjadikannya kerudung.

Dari Ummu SalamahRadhiyallahu-anhu diriwayakan bahwa ia pernah mengutarakan kepada Rasullulah shalalahu alaihi wa sallam tentang bagian bawah pakaian perempuan. Maka Rasullollah bersabda,”Hendaknya ia mengulurkan sejengkal,”.

Ummu Salamah berkata,”Kalau begitu, masih kelihatan (kakinya)!. Beliau bersabda,”Ulurkan satu hasta, tidak boleh lebih dari itu.”

Dari Abu ‘Udzainah As-Sodafi Radhiyallahu-anhudiriwayatkan bahwa Rasullulah bersabda,“Sebaik-baik istri adalah yang penyanyang, subur (Banyak anak), baik hati dan suka membantu: Jika ia bertakwa kepada Allah. Dan sejelek-jelek istri kalian adalah yang suka mempertontonkan kecantikannya lagi sombong, dan merekalah orang-orang munafik. Tidak ada yang akan masuk surga dari mereka kecuali seperti burung gagak yang kedua sayapnya berwarna putih,”.

Jadi, wanita mukminah hendaknya menghindari perbuatan tabarruj atau bersolek, berhias glamur agar tidak terjerumus pada lubang-lubang kemaksiatan dan perbuatan dosa.

Tags: #Dandan Modern #Wanita Bersolek #Wanita Glamur