Ini Hukum Muslimah Pakai High Heels

1303 views

Perkembangan zaman membuat seseorang semakin memiliki selera yang tinggi terhadap fashion. Mulai dari pakaian dan aksesoris memiliki gaya tersendiri.

Zaman sekarang banyak dari kalangan perempuan yang terbiasa menggunakan sepatu atau sandal hak tinggi yang dikenal dengan high heels.

Lalu bagaimana hukum muslimah menggunakan high heels?

Menurut Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin dan Syaikh Abdul Aziz bin Baaz, muslimah tidak diperbolehkan menggunakan high heels dengan alasan beresiko jatuh dan membahayakan diri sendiri.

Islam menghukumi haram terhadap sesuatu yang bisa mencelakakan diri atau membayakan diri sendiri. Sebagai firman Allah berikut ini:

وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ

“… dan janganlah kamu jatuhkan (diri sendiri) ke dalam kebinasaan …” (QS. al-Baqaroh: 195)

Loading...

Muslimah yang menggunakan high heels bisa ada unsur penipuannya, karena wanita akan terlihat lebih tinggi dari ukuran (tinggi badan) aslinya.

Selain itu bisa dikategorikan pada tabarruj, sedangkan dalam Islam wanita dilarang dilarang menampakkan perhiasan dan keindahan tubuhnya kecuali kepada suaminya.

Sementara ditinjau dari ilmu kesehatan, penggunaan high heels juga beresiko tinggi terhadap kesehatan, diantaranya:

  • Pembengkakan pembuluh darah di kaki
  • Perubahan postur tulang belakang
  • Degenerasi persendian kaki
  • Rusaknya tendon achilles

Maka dari itu muslimah harus menghindari penggunaan high heels, selain untuk menjaga kesehatan juga menghindari murka Allah.

Tags: #High Heels #Menggunakan Heel