Ini Hukumnya Jika Aqiqah Ketika Sudah Dewasa

2048 views

Aqiqah merupakan anjuran bagi anak yang baru lahir sebagai rasa syukur karena telah dikarunia seorang anak.

Biasanya aqiqah dilaksanakan pada hari ke 7 kelahiran sang anak atau lebih. Lalu bagaimana hukumnya jika orang tua anak tersebut tidak memiliki uang yang cukup untuk mengaqiqahkan anaknya?

Apakah tetap diwajibkan ketika anak sudah dewasa dan orang tuanya tersebut memiliki uang dan berkecukupan? Bagaimana hukumnya dan bagaimana caranya?

Pertanyaan kedua adalah bagaiman hukumnya jika anak yang belum diaqiqah tersebut membeli kambing untuk dirinya sendiri sebagai ganti orang tuanya yang belum mengaqiqah dirinya. Bagaimana hukumnya?

Jawabannya adalah:
Terkadnag kondisi seseorang mengakibatkan tidak mengaqiqahkan anaknya meski sudah dianjurkan, namun bagi mereka yang memiliki rezeki dan berkecukupan tentu akan melaksanakan aqiqah tersebut.

Sehingga bagi mereka yang ekonimiya paspasan akan merasa berat untuk melaksanakan ibadah ini.

Loading...

Anjuran untuk melaksanakan aqiqah ini berakhir ketika anaknya sudah baligh, setelah baligh maka diperbolehkan untuk melaksanakan aqiqah sendiri atau bahkan meninggalkannya.

Melaksanakan aqiqah lebih utama sebab akan terhindar dari ulama yang menganggap bahwa aqiqah tersebut wajib.

Aqiqah itu diwajibkan kepada orang tua, namun apabila orang tuanya tidak mampu hingga sanga anak baligh lalu orang tuanya ingin melaksanakan aqiqah tersebut alangkah lebih baik orang tuanya memberi uang kepada anaknya untuk dibeli hewan sebagai aqiqahnya.

Dengan demikian niat orang tuanya tetap terlaksana dan juga aqiqah yang dianjurkan terlaksana juga.

Mengenai pertanyaan kedua yaitu merujuk pada kitab al-Majmu’ karya imam Nawawi yang mana didalam kitab tersebut Imam nawawi menyebutkan hukum aqiqah yang bukan untuk dirinya sendiri adalah boleh selama yang mau diaqiqah mengijinkan.

Penulis kitab menjelaskan:

فَرْعٌ-لَوْ ضَحَّى عَنْ غَيْرِهِ بِغَيْرِ إذْنِهِ لَمْ يَقَعْ عَنْهُ

(cabang pembahasan), seandainya ada seseorang menyembelih hewan (aqiqah) untuk orang lain tanpa seizinnya, status hewan tersebut bukan hewan aqiqah.”

Aqiqah yang dilakukan oleh seseorang untuk orag lain dikatakan sah hanya apabila mendapatkan izin dari orang yang tersebut. [nu.or.id]

Tags: #Hukum Aqiah Diri Sendiri #Hukum Aqiqah