Ini Orang-orang yang Berhak Menerima Daging Kurban

234 views

Ibadah kurban sangat beda dengan ibadah dengan zakat. Dalam zakat ada ayang di istilahkan dengan mustahiq yakni orang yang berhak menerima zakat.

Namun beda dengan kurban. Dalam kurban tidak ada istilah mustahiq. sehingga orang yang termasuk mampu juga dibolehkan menerima pembagian daging kurban.

Allah SWT berfirman:

 

لِّيَشْهَدُوا مَنَافِعَ لَهُمْ وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَّعْلُومَاتٍ عَلَىٰ مَا رَزَقَهُم مِّن بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ ۖ فَكُلُوا مِنْهَا وَأَطْعِمُوا الْبَائِسَ الْفَقِيرَ

Loading...

“Supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rezeki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak.

Maka makanlah sebagian daripadanya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir,” (QS. Al-Haj (22):28).

Para ulama memberi penjelasan bahwa pembagian daging qurban dalam ayat diatas bersifat umum. Artinya tak ada perbedaan atau pembatasan orang miskin maupun yang kaya.

Maka dengan sini, kebanyakan para ulama menyimpulkan bahwa pembagian daging kurban menjadi tiga bagian: sepertiga pertama diberikan pada pemilik kurban dengan keluarganya.

Sepertiga kedua diberikan pada fakir miskin dan sepertiga yang terakhir diberikan pada manusia secara umum, baik orang kaya ataupun pada orang yang miskin.

Tags: #Daging Kurban #Hewan Kurban #Penerima Kurban