Ini Perbuatan Dosa Dibalik BUKBER Bulan Puasa yang Harus Kita Hindari

Bulan ramadhan adalah momen yang dinantikan oleh orang muslim. Apalagi momen pada saat buka puasa. Karena dalam buka puasa kita dalam buka bareng dan sambil reunian dengan kawan-kawan SD, Mts. MA, kawan kampus atau kawan sekantor. Tapi kadang kita tak sadar dalam acara BUKBER itu justru mengundang dosa, di antaranya adalah:

Makanan Tak Jelas
Bukber di restoran atau warung makan yang tak jelas halal haramnya menu makanannya kerap kita tak mementingkan itu padahal dampaknya sangat dahsyat pada kesehatan dan keberkahan hidup kita.

Rasulullah bersabda:
“Perbaikilah makananmu (makanlah makanan yang halal) niscaya engkau akan menjadi orang yang selalu dikabulkan doanya. Demi jiwaku yang berada di tangan-Nya, sungguh jika ada seseorang yang memasukkan makanan haram ke dalam perutnya, tidak akan diterima amal-amalnya selama empat puluh hari dan bagi seorang hamba yang dagingnya tumbuh dari hasil menipu dan riba, maka neraka lebih layak baginya” (H.R ath-Thabrani).

Shalat di ujung waktu
Aku pernah bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Amal apakah yang paling dicintai oleh Allah?” Beliau menjawab, “Shalat pada waktunya.” “Kemudian amalan apa?” tanya Ibnu Mas`ud. “Berbuat baik kepada kedua orangtua,” jawab beliau. “Kemudian amal apa?” tanya Ibnu Mas’ud lagi. “Jihad fi sabilillah,” jawab beliau.” (HR. Al-Bukhari no. 527 dan Muslim no. 248)

Karena saking asyiknya mengobrol dan makan-makan, maka shalat Maghrib justru di lakukan di ujung waktu hampir Isyak.

Ghibah
Dari asyiknya ngobrol, kadang sampai kebablasan ngomongin teman-teman yang tak datang, atau kadang mengbulli teman yanglain.

Loading...

Imam An-Nawawi berkata, “Ketahuilah bahwasanya ghibah merupakan perkara yang terburuk dan terjelek serta perkara yang paling tersebar di kalangan manusia, sampai-sampai tidaklah ada yang selamat dari ghibah kecuali hanya sedikit orang”.

Mubadzir
Pada suasana bukber pasti memesan atau menyediakan makanan yang sangat banyak, dan setelah kekenyangan akhirnya tidak dihabiskan. Padahal jelas sekali bahwa boros merupakan perbuatan yang dilarang dalam Islam:

Allah berfirman:

إِنَّ الْمُبَذِّرِينَ كَانُوا إِخْوَانَ الشَّيَاطِينِ ۖ وَكَانَ الشَّيْطَانُ لِرَبِّهِ كَفُورًا

“Sesungguhnya orang-orang yang pemboros itu adalah saudara setan dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya. “(QS. Al Isro’:27)

Tags: #Buka Bareng #Bukber Ramadhan #Teman Reuni