Inilah 2 Ayat Al-Qur’an Yang Lebih Baik Daripada Dunia Dan Seisinya

1663 views

Sepulang Nabi dari Hudaibiyah para sahabat dilanda kesedihan. Lalu Nabi SAW berkata: “Sungguh, telah diturunkan kepadaku dua ayat yang keduanya lebih baik daripada dunia seluruhnya.”

Dan Ternyata Allah Ta’ala menurunkan Surah Al-Fath yang membuat Rasulullah dan sahabat lepas dari kesedihan. Sungguh, Betapa bahagianya Rasulullah dan sahabat dengan kabar kemenangan itu.

Dari Umar bin Khattab, Nabi SAW bersabda: “Telah turun kepadaku tadi malam, surah yang lebih aku cintai dari pada dunia dan seisinya. Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang nyata. Niscaya Allah akan mengampuni dosamu yang telah lalu dan yang akan datang”.

Inilah 2 Ayat yang Dimaksud:

لِّيَغْفِرَ لَكَ اللَّهُ مَا تَقَدَّمَ مِن ذَنبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ وَيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكَ وَيَهْدِيَكَ صِرَاطًا مُّسْتَقِيمًا

“Agar Allah memberikan ampunan kepadamu (Muhammad) atas dosamu yang lalu dan yang akan datang serta menyempurnakan nikmat-Nya atasmu dan menunjukimu ke jalan yang lurus”. (Al-Fath: 2)

لِّيُدْخِلَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا وَيُكَفِّرَ عَنْهُمْ سَيِّئَاتِهِمْ ۚ وَكَانَ ذَٰلِكَ عِندَ اللَّهِ فَوْزًا عَظِيمًا

“Agar Dia masukkan orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya dan Dia akan menghapus kesalahan-kesalahan mereka. Dan yang demikian itu menurut Allah suatu keuntungan yang besar”. (Al-Fath: 5).

Loading...

Syeikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di Dalam Tafsir As-Sa’di, menjelaskan bahwa Imam Ahmad meriwayatkan dengan sanadnya yang sampai kepada Anas, bahwa ayat ini turun kepada Nabi saat Beliau pulang dari Hudaibiyah. Dan para sahabat dalam keadaan sedih karena dihalangi untuk mendatangi kampung halaman mereka.

Beliau SAW bersabda, “Sungguh, telah diturunkan kepadaku dua ayat yang keduanya lebih baik daripada dunia seluruhnya.” Saat Beliau membacakannya, lalu ada seseorang berkata, “Mudah-mudahan hal itu menyenangkanmu wahai Rasulullah, Dia telah menjelaskan kepadamu apa yang Dia lakukan untukmu, lalu apa yang Dia lakukan untuk kami?”
Kemudian Allah menurunkan ayat setelahnya, “Agar Dia memasukkan orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai”

Hal ini adalah keberhasilan terbesar yang diperoleh kaum mukmin, memperoleh semua yang diinginkan, dihapuskan kesalahan-kesalahan dan masuk ke dalam surga.

Tags: #Ayat al-Qur'an #Ayat Indah #Dunia dan Isinya