Inilah 2 Kunci Kesuksesan Nabi SAW Dalam Memimpin Dunia

500 views

Dalam bukunya, Michael H Hart menempatkan Muhammad SAW sebagai tokoh nomer satu paling berpengaruh di dunia.
Ahli sejarah bersepakat, Bahwa Rasulullah SAW berhasil membangun masyarakat manusia yang berkeadilan, berkesejahteraan, dan berperadaban yang agung.

Sebenarnya apa kunci keberhasilan Nabi dalam memimpin risalah luhur ini? Ada dua hal yang utama sebagai pemicu kesuksesan itu.

Pertama, Misi yang Jelas
Rasulullah SAW, menebarkan rahmat, keselamatan, dan kedamaian bagi umat manusia dan alam semesta.

Allah berfirman dalam Al-qur’an;

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِّلْعَالَمِينَ

“Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam.” (QS 21: 107).

Apalagi Muslim, non-Muslim pun merasa aman, tenang dan damai di bawah ajaran Nabi SAW di Madinah. Rasulullah sangat mengayomi mereka. Perbedaan ideologi tidak menyebabkan pertentangan di antara mereka.

Mereka semua bekerja sama bahu-membahu dalam membangun negara Madinah. Terutama dibidang ekonomi, pertahanan dan keamanan.

Loading...

Semua penduduk berbondong-bondong menghadapi musuh, baik dari dalam sendiri atau dari luar. Musuhnya adalah kezaliman dan penindasan.

Kedua, Panutan Umat
Kunci keberhasilan Nabi selanjutnya adalah beliau sebagai panutan. Nabi adalah pemimpin dan panutan umat baik dalam bidang kenegaraan dan keagamaan.

Sesuatu yang beliau ucapkan itulah yang beliau lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Orang-orang hidup penuh tunduk pada nabi sebab apa yang nabi khutbahkan dari bentuk kesederhanaan dan penegakan keadilan beliau pasti mempraktekkannya.

Allah SWT berfirman:

لَّقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَن كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik (uswatun hasanah) bagimu, (yaitu) bagi orang yang mengharap rahmat dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (QS 33: 21).

Tags: #Panutan Umat #Pemimpin Dunia #Tokoh Dunia