Inilah 2 Kunci Utama Kebahagiaan Rumah Tangga

437 views

Pernikahan yang bahagia itu tidak didapat dengan mudah, harus ada usaha untuk mewujudkannya.

Rumah tangga yang bahagia tidak akan terjadi tanpa adanya proses dan pemebalajran antara suami-istri.

Sebab kebahagiaan harus ada tahapan yang membutuhkan usaha untuk bangun ketika jatuh dan ketika berada dalam keadaan terpuruk.

Islam memerintahkan agar manusia yang menikah mengurus rumah tangganya sehingga tercipta keluarga yang sakinah, mawaddah warahmah.

Walau bukan hal yang mudah akan tetapi bukan tidak bisa melakukannya. Yang jelas rumah tangga yang sakinah itu harus tetap dijaga dan berkelanjutan, keduanya harus-sama berjuang da mempertahankan.

Banyak yang mengatakan bahwa untuk menciptakan keluarga yang sakinah suami harus membahagiakan istri.

Loading...

Jika istri bersedih hal itu disebabkan oleh suami yang tidak bisa membuatnya bahagia. Hal ini bukan anggapan salah sebab sudah kewajiban suami untuk selalu bersikap lemah lembut kepada istrinya.

Akan tetapi pernikahan yang sakinah itu bukan hanya diciptakan oleh sumi melainkan istri juga memiliki andil di dalamnya.

Karena, jika standar kebahagiaan pernikahan berpatokaan pada kebahagiaan suami saja maka sebagai istri mudah kecewa, jika pemberian suami tidak sesaui keinginanya maka ia akan sangat kecewa.

Maka dari itu sebagai istri harus menciptakan kebahagiaan sendiri dan tidak bergantung kepada orang lain meski itu pasangannya sendiri.

Rumus bahagia pernikahan itu sebenarnya sederhana sekali dan cuma 2, yaitu:

  1. Sabar
  2. Syukur

Bersyukur atas segala kelebihan serta kekurangan pasangan dan selalu bersabar atas ujian yang Allah berikan.

Niat dari setiap pernikahan itu berbeda, ada yang hanya sekedar karena cinta manusia, ada karena harta dan masih banyak lainnya.

Sebagai umat islam harus enikah karena Allah dan diniatkan karena Ibadah. Sebab niat itu diatas segala niat.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Rasulullah SAW bahwa menikah adalah menegakkan separuh agama.

Maka dari itu untuk menjalankannya juga bagian dari ibadah sebab suami-istri saling mmebangun akhlak, saling mengingatkan, mensupport dan menghasilkan keturunan.

Walau mungkin kita dibikin kecewa, akan tetapi kita bisa memilih bahagia, ketika hati kita hanya bergantung kepada Allah SWT saja.

Maka semua harapan kita akan mendapatkan ridho-Nya, dan yakinlah Allah akan selalu mencurahkan segenap kasih sayangnya kepada kita.

Di dalam rumah tangga, suami-istri memiliki peran tersendiri karakter yang berbeda, dari latar belakang yang bemacam-macam, maka dari itu rumah tangga yang bahagia akan tercipta jika pasangan suami-istri saling memahami dan menutupi kekurangannya.

Jangan jadikan perbedaan dan kekurangan sebagai perpecahan apalagi perceraian. Suami-istri harus sama-sama menutupi kekurangan masing-masing.

Sebab tak ada pasangan yang sempurna dan tak ada rumah tangga yang sempurna juga namun yang paling penting masih bisa bahagia dan merasa paling sempurna. [islampos.com]

Tags: #Kebahagiaan Pernikahan #Kunci Kebahagiaan #Rumah Tangga