Inilah 5 Tips Memburu Malam Lailatul Qodar

1724 views

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang spesial. Orang yang mendapatkan malam itu sama halnya dengan beribadah 1000 bulan. Allah menyiapkan ampunanNya pada malam mulia itu.

Allah berfirman:

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. (Al-Qadr ayat 3)

Malam 1000 bulan itu tentu tak mudah di dapat tanpa adanya usaha yang gigih untuk mendapatkannya.

Ada kiat-kiat dari Ahmad Zarkasih, Lc, dalam buku “Meraih Lailatul Qadar, Haruskah I’tikaf?” agar mendapatkan malam Lailatul Qadar.

Menghidupkan Malam Ramadhan
Pada malam bulan ramadhan orang yang ingin mendapatkan malam lailatul qodar tidak hanya berleha-leha atau mengerjakan hal-hal yang tak bermanfaat, melainkan dengan perbnyak dzikir, ngaji, solawat, i’tikaf dll.

Loading...
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barang siapa yang menghidupkan malam Lailatul Qadar dengan Iman dan Ihtisab (mengharapkan pahala), niscaya Allah mengampuni dosa-dosanya yang telah lampau” (HR Bukhari)

Memperbanyak Zikir
Untuk mendapatkan malam mulia ini hendaknya menghabiskan malam dengan banyak berdzikir mengangungkan nama Allah SWT.

Banyak Berdoa
Dan tentu saja berdo’a menjadi suatu keharusan dan kebutuhan seorang hamba pada malam itu. Karena salah satu kemuliaan Ramadhan adalah waktu diijabahnya do’a seseorang hamba.

Ketika masuk pada sepuluh akhir bulan ramadhan lebih banyaklah lagi memanjatkan doa karena menurut para ulama pada malam ganjil Adalah turunnya malam lailatul qodar.

Selain doa yang memang akan kita minta pada Allah, Nabi SAW telah mencontohkan doa yang patut kita baca, beliau ajarkan pada kita melalui siti Aisyah, yaitu: “Allahumma Innaka ‘Afuwwun Tuhibbul-‘Afwa Fa’fu ‘Anni” “Ya Allah, sesungguhnya Engkau maha pemaaf, dan Engkau mencintai Maaf, maka maafkan aku” (HR Ahmad, Tirmidzi, Nasa’I, Ibnu Majah)

Baca al-Qur’an
al-Qur’an adalah berkah. al-Qur’an adalah syafaat bagi yang membacanya. Pada malam-malam ramadhan hendaklah perbanyak baca al-Qur’an agar memancing kita untuk mendapatkan malam lalilatu qodar. Lebih-lebih pada malam ganjil sepuluh terakhir.

Perbanyak Salat
Pada malam Ramadhan perbanyak solat. Tak ada kata terlalu banyak. Solatlah sebanyak-banyaknya. Siapa tahu pada saat kita sholat, pada waktulah malam Lailatul Qodar dapat kita dapatkan.

loading...
loading...

Tags: #Malam 1000 Bulan #Malam Istimewa #Malam Mulia