Inilah Budak dan Pembantu yang Dekat Dengan Rasulullah SAW

128 views

Perbudakan adalah masalah klasik sejak dulu hingga pada masa Islam. Bahkan, perbudakan sudah ada sejak masa Socrates, Plato, dan Aristoteles masih hidup.

Kemudian, Islam membawa syariat dengan risalah dan menghilangkan perbudakan yang tidak berperikemanusiaan.

Dalam buku “Budak dalam Literatur Fiqih Klasik”, Ustadz Hanif Luthfi menuturkan tentang budak Nabi Muhammad SAW, laki-laki maupun yang wanita.

“Budak Nabi pasti membantu Nabi dalam kesehariannya. Meski tak semua pembantu Nabi adalah budaknya,” kata Ustadz Luthfi dikutip dari buku itu.

Seorang peneliti Rumah Fiqih Indonesia menjelaskan bahwa pembantu nabi yang bukan budak adalah, Anas bin Malik, Abdullah bin Mas’ud, Uqbah bin Amir, Asla’ bin Syuraik, Bilal bin Rabah, Sa’ad, Abu Dzar al-Ghifari, Aiman bin Ubaid, dan Ummu Aiman.

Mereka sahabat yang membantu Nabi dalam kesehariannya, dan mereka adalah manusia merdeka dan bukan budak.

Loading...

Budak laki-laki yang pernah membantu Nabi adalah Zaid bin Haritsah, mantan anak angkat Nabi yang dimerdekakan dan dinikahkan dengan Ummu Aiman, sehingga lahir Usamah.

Dan budak Nabi lainnya adalah Aslam, Abu Rafi’, Tsauban, Abu Kabsyah Salim, Syaqran atau Shalih, Rabah Naubi, Yasar Naubi, Mud’im, Karkarah, Anjasyah, Mahran Safinah bin Faruh, Unsah Abu Masyrah, Aflah, Ubaid,

Thahman Kaisan, Dzakwan, Mahran, Marwan, Hunain, Sundar, Fadhalah, Mabur, Waqid, Abu Waqid, Qasam, Abu Usaib, dan Abu Muwaihibah.

Adapun budak wanita yang pernah membantu Nabi yaitu Salma Ummu Rafi’, Maimunah bintu Saad, Khadhah, Radhwa, Razinah, Ummu Dhamirah, Maimunah bintu Usaib, Mariyah dan Raihanah.

Kemudian di antara budak wanita, ada dua yang digauli atau menjadi sariyyah Nabi. Pertama, yaitu Mariyah binti Syam’un al-Qibthiyyah, ibu dari Ibrahim.

Mariyah ini menjadi Ummu Waladnya Nabi, dan dia merdeka setelah Nabi wafat.

Kedua adalah Raihanah binti Syam’un al-Quradziyyah. Dia masuk Islam dan lantas dimerdekakan Nabi.

Ibnu Qayyim al-Jauziyyah (w 751 H) menuuturkan ada empat budak wanita yang digauli Nabi.

Mereka adalah Mariyah al-Qibthiyyah, Raihanah, wanita yang diberikan oleh Zainab bintu Jahsy dan seorang wanita lagi tak disebutkan namanya oleh Ibnu Qayyim.

Tags: #Budak Nabi #Dekat Dengan Nabi #Pembantu Nabi