Inilah Kedahsyatan Surat Al-Ikhlas yang Mampu Mengguncang Langit dan Bumi

5057 views

Surah Al-Ikhlas (Arab : الإخلاص, “Memurnikan Keesaan Allah”) yaitu surah ke-112 dalam al-Qur’an. Surah ini tergolong surah Makkiyah, terdiri atas 4 ayat serta pokok isinya yaitu menegaskan keesaan Allah sambil menolak semua bentuk penyekutuan terhadap-Nya.

Kalimat inti dari surah ini, “Allahu ahad, Allahus shamad” (Allah Maha Esa, Allah tempat bergantung), sering muncul dalam duit dinar emas pada jaman Kekhalifahan dulu.

Hingga, kadang kala kalimat ini dikira sebagai slogan negara Khilafah Islamiyah, bersama dengan dua kalimat Syahadat. Berikut ini yaitu kedahsyatan surat al-Ikhlas. Rasulullah Muhammad SAW disuatu saat bersabda:

”Demi Allah yang jiwaku di genggamanNya, sesungguhnya:

  • QUL HUWALLAHU AHAD itu tertulis di sayap Malaikat Jibril
  • ALLAHHUS SOMAD itu tercatat disayap Malaikat Mikail
  • LAMYALID WALAM YUULAD tercatat pada, sayap Malaikat Izra’il
  • WALAM YAKULLAHU KUFUWAN AHAD tercatat pada sayap Malaikat Israfil “

Berkata Ibnu Abbas r. a. kalau Rasulullah SAW sudah bersabda: Saat saya {Rasulullah SAW} Isra’ ke langit, saya lihat Arasy diatas 360, 000 pilar serta jarak jauh pada satu pilar ke satu pilar yang lain adalah 300.000 tahun perjalanan.

Pada tiap-tiap pilar itu ada padang pasir yang jumlahnya 12, 000 serta luasnya tiap-tiap satu padang itu seluas dari Timur hingga ke Barat.

Loading...

Pada setiap padang itu ada 80.000 Malaikat yang mana kesemuanya membaca surat Al-Ikhlas.

Sesudah mereka usai membaca Surah itu jadi berkata mereka: ”Wahai Tuhan kami, sebenarnya pahala dari bacaan ini kami berikan pada orang yang membaca surah Al-Ikhlas baik lelaki maupun wanita.”

Kisah Anas bin Malik juga merekam cerita terkait surat Al-Ikhlas.

Satu saat 70. 000 Malaikat diutus datang pada seorang sahabat di Madinah yang wafat. Kedatangan beberapa Malaikat itu sampai meredupkan sinar matahari. 70.000 Malaikat itu diutus cuma karena almarhum sering membaca surat ini.

Anas bin Malik yang waktu itu berbarengan Nabi Muhammad SAW di Tabuk rasakan sinar matahari redup tak seperti umumnya serta Malaikat Jibril datang pada Nabi untuk memberitakan kejadian yang tengah terjadi di Madinah.

Rasulullah bersabda: “Barangsiapa membaca surah Al-Ikhlas pada saat sakit hingga dia wafat dunia, jadi badannya tidak akan membusuk di dalam kuburnya, bakal selamat dia dari kesempitan kuburnya serta para Malaikat akan membawanya dengan sayap mereka melewati Titian Siratul Mustaqim lantas menuju ke Surga.” (HR Qurthuby).

Sumber: sorotmuslim.com

Tags: #Ayat al-Qur'an #Kedahsyatan Al-Ikhlas #Surat Al-Ikhlas