Inilah Keistimewaan Masjid Nabawi yang Tak Dimiliki Masjid Lain

270 views

Masjid Nabawi adalah masjid kedua setelah Masjid Quba yang dibangun oleh Rasulullah. Pada masjid ini juga terdapat makam Rasulullah dan para sahabatnya.

Masjid yang dibangun Nabi Ini punya keutamaan yang tidak dimiliki oleh masjid-masjid lain. Hanya masjid pilihanlah yang mem[unyai keutamaan.

Masjid Nabawi adalah salah satu dari tiga masjid yang disebutkan Al-Quran.

Allah SWT berfirman,

 

Loading...

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.” (QS. Al-Isra’: 1).

Dijelaskan bahwa Masjid Aqsha merupakan isyarat nyata kepada Masjid Nabawi, sebab aqsha adalah isim tafdzil dari kata qashi (jauh).

Dengan demikian adalah untuk orang yang berada di Makkah Al-Mukarramah, maka masjid yang jauh itu adalah Masjid Nabawi

Dan Masjid Aqsha adalah Baitul Maqdis. Allah SWT menyebutkan Masjid Nabawi dengan isyarat kedua masjid itu, sebab Masjid Nabawi masih belum dibangun  saat ayat-ayat Qur’an diturunkan.

Perihal keutamaan Masjid Nabawi, Rasulullah bersabda, “Shalat di masjidku ini lebih utama daripada seribu shalat di masjid lainnya kecuali Masjidil Haram dan shalat di Masjidil Haram itu lebih utama daripada seratus ribu shalat di masjid lainnya,” (Diriwayatkan Muslim).

Masjid Nabawi adalah masjid kedua setelah masjidil haram. Bepergian tidak diperintahkan dengan sangat kecuali kepadanya.

Rasulullah bersabda, “Bepergian itu tidak diperintahkan dengan sangat kecuali ke tiga masjid, Masjid Haram, masjidku ini dan Masjid Aqsha.”

Rasulullah memberi keistimewaan khusus kepada Masjid Nabawi yaitu Raudhah (taman) mulia yang disabdakan Rasulullah dalam hadisnya,

Di antara rumahku dengan mimbarku terdapat salah satu Raudhah (taman) di taman-taman surga,” (Muttafaq alaih).

Diriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa shalat empat puluh shalat di masjidku ini dan tidak ada satu shalat pun yang terlewatkan darinya,

ia ditulis bebas dari neraka, bebas dari siksa dan bebas dari kemunafikan,” (Diriwayatkan Ahmad, Ath-Thabrani dan At-Tirmidzi.

Namun, hadis ini di-dhaif-kan Syaikh Al-Albani dalam kitabnya, Al-Ahadis Adh-Dhaifah wal Maudhu’ah hadis no. 364).

Maka dengan demikian mengunjungi Masjid Nabawi untuk shalat adalah ibadah sebagai tawassul kepada Tuhan. Semoga Allah SWT memberikan keridhaan kepada kita semua.

loading...
loading...

Tags: #Keistimewaan Nabawi #Masjid Kedua #Masjid Nabi